Pemkab Rohil Diharapkan Lakukan Pengembangan Situs Candi Sintong

id pemkab rohil, diharapkan lakukan, pengembangan situs, candi sintong

Pemkab Rohil Diharapkan Lakukan Pengembangan Situs Candi Sintong

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Anggota DPRD Rokan Hilir Provinsi Riau, Afrizal meminta kepada Pemkab untuk lebih serius mengembangkan objek wisata seperti Situs Candi Sintong yang berada di Kecamatan Tanah Putih.

"Jadi kalau ingin betul-betul mengembangkan Candi Sintong itu jangan tanggung-tanggung, harus fokus," ujar Afrizal kepada wartawan di Kecamatan Tanah Putih, Senin.

Menurut dia untuk mengembangkan Candi Sintong sebagai objek wisata andalan Rohil membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Pemkab Rokan Hulu saja bangun Masjid besar berhasil dan dikunjungi banyak orang. Begitu juga di Rohil bangun Patung Buaya di Batu Enam Bagansiapiapi ramai dikunjungi warga. Untuk mengembangkan Candi Sintong Pemkab Rohil harus menyiapkan anggaran sebesar Rp50 miliar," kata dia menyarankan.

Afrizal menjelaskan, keberadaan Situs Candi Sintong memiliki keunikan tersendiri. Bahkan disekitar Candi itu juga memiliki kolam legendanya tempat Putri Hijau Mandi.

"Memang dahulu masyarakat setempat memanfaatkan bongkahan batu Candi Sintong untuk membangun Masjid, kala itu tahun 70-an. Untuk kolam tempat mandinya Putri Hijau sekarang juga masih ada," tuturnya.

Masih menurut dia Situs Candi Sintong merupakan peninggalan bersejarah dengan legenda yang disebut masyarakat dengan legenda Putri Hijau.

Kala itu disekitar Sungai Sintong, dimana seorang raja setempat pernah jatuh berkuda, dan ketika itu pula dia melihat seorang putri mandi. Putri tersebut ternyata Putri Hijau yang datang dari Medan, Sumatera Utara.

"Akhirnya terjadilah perkawinan dan dibuatlah sebuah istana yang sekarang merupakan Situs Candi Sintong yang dilengkapi dengan kolam tempat mandinya putri tersebut," demikian Afrizal. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi