Lakukan Pembenahan Fasilitas Pelayanan Publik, Dishub Dumai Anggarkan Rp77 Miliar

id lakukan pembenahan, fasilitas pelayanan, publik dishub, dumai anggarkan, rp77 miliar

Lakukan Pembenahan Fasilitas Pelayanan Publik, Dishub Dumai Anggarkan Rp77 Miliar

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Dumai, Provinsi Riau, mengusulkan anggaran Rp77 miliar ke pemerintah pusat pada tahun 2017 guna peningkatan sistem transportasi massa dan pembenahan sejumlah fasitas pelayanan publik.

Kepala Dinas Perhubungan Dumai Bambang Sumantri, Senin menyebutkan, usulan kebutuhan anggaran ke pusat ini karena pembiayaan bersumber dari daerah terbatas dan tidak bisa menyelesaikan sejumlah rencana program kerja peningkatan pelayanan publik di bidang transportasi massa.

"Usulan anggaran ini guna membiayai program peningkatan sistem transportasi massa karena daerah terkendala pendanaan terkena dampak pemotongan dana bagi hasil," kata Bambang usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional 2016 di Dumai.

Dijelaskan dia, sejumlah rencana yang dimasukkan dalam usulan anggaran ke pusat tersebut diantaranya, membiayai penataan pelabuhan internasional terpadu, perbaikan dan peningkatan peralatan pada unit pelaksana teknis pengujian kendaraan bermotor.

Selain itu, usulan juga untuk penyediaan alat angkut tranportasi massa berupa bis yang akan membuka akses dari perkotaan ke daerah pinggiran dan melayani kepentingan masyarakat umum.

"Kebutuhan anggaran juga untuk rencana Dishub Dumai memprogramkan revitalisasi angkutan kota agar lebih tertata baik dan tidak melesu," jelasnya.

Dia mengaku anggaran yang diterima Dishub Dumai pada tahun 2016 ini sangat terbatas dan tidak cukup untuk menjalankan berbagai program kerja peningkatan sistem transportasi massa tersebut, sehingga dilakukan upaya cari sumber pendanaan lain.

Dia berharap usulan anggaran puluhan miliar rupiah tersebut mendapat respon baik dari pemerintah pusat agar pelayanan publik sistem transportasi darat udara dan laut di kota pesisir Provinsi Riau ini bisa terlaksana baik.

Terkait Hari Perhubungan Nasional 2016, Bambang menyebutkan agar insan perhubungan terus meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan tetap semangat bekerja meski pelaksanaan terkendala anggaran.

Peringatan Harhubnas di Kota Dumai dilaksanakan dengan menggelar upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah Said Mustafa di halaman komplek perkantoran terpadu Pemkot Dumai dengan diikuti ratusan insan perhubungan dari berbagai instansi.