SMA Negeri 8 Pekanbaru Juarai PCTA 2016 Tingkat Nasional

id sma negeri, 8 pekanbaru, juarai pcta, 2016 tingkat nasional

SMA Negeri 8 Pekanbaru Juarai PCTA 2016 Tingkat Nasional

Pekanbaru (Antarariau.com) - SMA Negeri 8 Pekanbaru, Provinsi Riau menjuarai lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2016 tingkat nasional menyisihkan Kalimantan Tengah pada posisi kedua dan Jawa Timur pada posisi ketiga.

"Alhamdulilah sukses bagi siswa SMA Negeri 8 Pekanbaru yang telah mengharumkan nama Riau, dan diharapkan tahun depan keberhasilan yang sama bisa dipertahankan," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol di Pekanbaru, Jumat.

Siswa Negeri 8 beserta rombongan atau delegasi Riau mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru dari Jakarta pada Jumat dan disambut panitia dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Menurut Kamsol, selain meningkatkan penguasaan akademik lomba PCTA juga fokus pada pembentukan karakter dan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kalangan pelajar.

Selain itu, katanya, kegiatan tahunan ini melibatkan peserta mengikuti lomba cerdas cermat dan diskusi, juga perlombaan baris berbaris, upacara bendera dan kepramukaan,

"Kegiatan yang diprakasai oleh Kementerian Pertahanan RI itu telah mengantarkan Riau menjadi juara nasional dan mereka yang berprestasi ini membanggakan nama sekolah, daerah, serta orang tua mereka," katanya.

Makna PCTA adalah sebagai ajang seleksi dan diharapkan pelajar SLTA mampu menumbuhkembangkan kemampuan berargumen secara lisan melalui lomba diskusi, uji argumen, serta mampu mengekspresikan pengetahuannya dalam bentuk tulisan untuk membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara .

Lomba ini sendiri bisa menjadi semangat bagi generasi muda Indonesia, sebab dengan mengetahui sejarah, generasi muda akan mengerti jerih payah generasi pendahulu dalam membangun negara dan bangsa ini.

Dengan mengetahui sejarah tersebut, katanya lagi, akan membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda.

"Setelah mengikuti lomba ini diharapkan pelajar dapat meresapi filosofi luhur yang ditinggalkan para founding fathers dan menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari," katanya.