Bina Gelandangan Dan Anak Jalanan, Dinsos Rohil Bangun Rumah Singgah

id bina gelandangan, dan anak, jalanan dinsos, rohil bangun, rumah singgah

Bina Gelandangan Dan Anak Jalanan, Dinsos Rohil Bangun Rumah Singgah

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau berencana akan mengusulkan pembangunan rumah singgah sebagai tempat pembinaan para gelandangan dan pengemis serta anak jalanan.

"Memang saat ini rumah singgah itu belum ada dan kami berencana akan membuat rumah singgah bagi gelandangan dan pengemis, termasuk anak punk yang meresahkan masyarakat," kata Kepala Dinas Sosial Rohil Misnawati kepada wartawan di Bagansiapiapi, Rabu.

Menurut dia dengan adanya rumah singgah itu gepeng maupun anak jalanan akan mendapatkan keterampilan sesuai dengan keahlian dan bakat yang dimiliki.

"Mereka dinilai layak mendapatkan pembinaan untuk menguasai suatu keterampilan. Jadi tidak perlu lagi berkeliaran dan mengemis di jalanan, rumah makan, warung kopi maupun tempat lainnya," jelasnya.

Selain itu untuk rehabilitasi gepeng yang memiliki masalah kejiwaan Dinas Sosial Rohil siap menanggung biaya transportasi pasien ke Rumah Sakit Jiwa Tampan di Pekanbaru.

"Kalau ada keluarganya minta bantu berobat kami siap mendampingi mereka apabila kondisi anggaran Rohil sudah stabil terutama biaya transportasi," kata Misnawati.

Keberadaan gepeng, anak punk dan orang gila di Rokan Hilir khususnya di Bagansiapiapi sudah sampai pada tahap menganggu dan meresahkan warga.

"Orang gila yang sering berkeliaran di Bagansiapiapi sering menganggu bahkan mengambil barang milik orang lain," kata Wahyu (37) warga Jalan Madrasah Bagansiapiapi. (Adv)

Oleh: Dedi Dahmudi