Sekda Riau Fokuskan Peningkatan Serapan APBD Yang Masih Rendah

id sekda riau, fokuskan peningkatan, serapan apbd, yang masih rendah

Sekda Riau Fokuskan Peningkatan Serapan APBD Yang Masih Rendah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang baru dilantik, Ahmad Hijazi dalam program kerjanya ke depan akan memprioritaskan target realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2016, yang serapan dinilai masih rendah.

"Realisasi menjadi agenda yang penting, tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung sehingga secara sistem harus kita benahi," kata Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Tinggi Madya, Sekda Riau di Gedung Daerah Kota Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, banyak aspek yang terkait dengan realisasi APBD diantarannya implementasi perencanaan yang disesuaikan dengan aspek tugas pokok dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kemudian dijabarkan kedalam tugas pokok pelaksanaan kegiatan, seperti teknis yang harus teroganisir dengan administrasi.

Selanjutnya, kata Ahmad, sistem yang ada dalam siklus pencaiaran mulai dari integrasi yang terjalin antara SKPD dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Namun begitu, Ia optimis jika langkah-langkah tersebut dilaksanakan maka percepatan realisasi serapan APBD Riau akan meningkat. "Kita harapkan Agustus serapan anggaran kita diatas 50 persen," kata Ahmad optimis.

Dalam upaya percepatan ini, kata dia, ada strategi strategis yang dilakukan mulai dari koordinasi di level kepemimpinan, penajaman target bulanan dan dilanjutkan membentuk tim yang mendampingi masing-masing SKPD.

"Kita dengan BPKAD akan membentuk tim yang akan mendampibgi SKPD, kita monitor agar tidak ada lagi kendala yang menjadi hambatan," tuturnya.

Untuk diketahui, ada 12 SKPD di Lingkungan Provinsi Riau yang mendapat rapor merah karena mempunyai realisasi serapan APBD rendah. Upaya percepatan tengah dilakukan Pemprov termasuk diantaramya memanggil SKPD bersangkutan dan melakukan evaluasi.

Untuk diketahui, Gubernur Riau resmi melantik Sekda terpilih, Ahmad Hijazi berdasarkan Keputusan Presiden nomor 73/TPA Tahun 2016 pada 20 Juli 2016 tentang pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Prosesi pelantikan belangsung hikmad disaksikan ratusan tamu undangan, hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan DPRD, perwakilan TNI/Kepolisian, kepala dinas/badan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tokoh adat dan keluarga kerabat sekda terpilih.

Oleh: Diana Syafni