Puluhan Humas Riau dapat Pelatihan Fotografi dari Oscar Motuloh

id puluhan, humas riau, dapat pelatihan, fotografi dari, oscar motuloh

Puluhan  Humas Riau dapat Pelatihan Fotografi dari Oscar Motuloh

Pekanbaru, 19/11 (Antarariau.com) - FOtografer Nasional yang juga Direktur Foto Jurnalistik Antara, Oscar Mutuloh memberikan pelatihan fotografi kepada petugas hubungan masyarakat (Humas) instansi pemerintah dan swasta di Riau.

Oscar memberikan materi pada sesi kedua pelatihan yang digelar Lembaga Kantor Berita Antara Biro Riau. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa pada hakikatnya tugas wartaan dan humas itu sama.

"Tugas humas dengan wartawan sama yakni ingin menyiarkan pulikasi yang dibuat. Bedanya humas menyiarkan yang bagus aja, jadi tidak mudah buat humas karyanya meluncur begitu saja oleh pers," katanya.

Meskipun begitu, dikatakannya fotografi yang ditampilkan versi humas bisa menarik sepanjang kaedah fotografi jurnalistik. Oleh karena itu, tugas humas sebagai pengatur sebuah kegiatan yang akan dipublikasikan juga sangat penting.

"Seperti foto di Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang keren-keren. Itu karena humasnya bertugas mengatur sesuatu mulai dari peralatan perangnya hingga pejabat tertingginya untuk ditampilkan dengan baik," ungkapnya.

Maka, seorang ataupun tim humas harus bisa menyiapkan tatanan sebuah kegiatan agar didapat fotografi yang bagus. Hal itu seperti tempat atau posisi yang disediakan bagi fotografer humas atau pewarta foto.

"Kalau yang ingin mengambil gambar di depan itu menggunakan lensa lebar agar bisa dapat logo orang berbicara.Kalau dari belakang itu akan dapat mimiknya. Tinggal memilih dari belakang atau dari depan," jelasnya.

Menurutnya, humas di negara-negara barat dan maju seperti di Singapura saja sudah memikirkan pengaturan kegiatan agar fotografinya bagus. Salah satunya yang sangat penting tidak membelakangi cahaya matahari.

"Liputan kehumasan adalah liputan yang diatur. Kalau waktu acara wartawannya tidak teratur, berarti humasnya yang tidak bagus," imbuhnya.

Pewarta :
Editor: Bayu Agustari Adha
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar