Jalur Tuah Kalajengking Juara Umum "Pacu Jalur"

id jalur tuah, kalajengking juara, umum pacu jalur

Jalur Tuah Kalajengking Juara Umum "Pacu Jalur"

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Jalur Tuah Kalajengking Muda keluar sebagai juara umum pada festival "Pacu Jalur", lomba perahu kayu tradisional tingkat nasional di Tepian Narosa Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

"Setelah berjuang habis-habisan melawan atlit dayung dari berbagai daerah akhirnya unggulan dari Indragiri Hulu menjadi juara umum," kata salah satu tokoh masyarakat Kuantan Singingi pencinta pacu jalur Kasmedi (40) di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, sebanyak 168 jalur yang berlaga hanya 11 yang bakal meraih juara, sebagai pemenang nomor satu hingga tiga tentunya berhak mendapatkan hadiayah menarik sebagai hasil dari perjuangan selama tiga hari di tepian sungai Kuantan.

Pemenang pada event tahun 2015 adalah Tuah Kalajengking Muda Indragiri yang berasal dari Rengat sebagai pemenang pertama lalu diiringi nomor dua yakni Tuah Koghi Dubalang Ghaji dari Kari Kuantan Tangah Kuansing serta nomor urut ke tiga adalah Panglimo Olang Putie dari Hulu Kuantan.

" Semua sudah jelas, tidak bisa dipungkiri kehebatan pedayung dari Indragiri Hulu," sebutnya.

Final yang di laksankan pada Minggu 23 Agustus 2015 mendapatkan perhatian puluhan ribu masyarakat dari berbagai daerah di Riau mupun Sumatra, karena pada hari itu juga dilakukan penutupan festival budaya sekaligus penyerahan hadiah bagi peraih juara.

Menurutnya, secara kronologis kemenangan itu sebagai berikut, dalam undian final segitiga Tuah Kalajengking Muda Indragiri mendapat undian bay atau menang menunggu, sementara Tuagh Kogho Dubalang Ghajo terlebih dahulu berpacu dengan jalur Panglimo Olang Putiah dari desa Sungai Alah kecamatan Hulu Kuantan dan dimenangkan oleh Tuagh Koghi Dubalang Ghajo maka juara kedua atau runner up diraih Tuagh Koghi Dubalang Ghajo dan juara ketiga Panglimo Olang Putiah.

Laga antara perebutan juara satu dan dua cukup dramastis, sebab dilaksanakan pada malam hari, sekitar pukul 19.30 WIB malam, karena itu hilir dua jalur harapan masyarakat Kuansing dan Inhu dilakukan ditengah sorotan lampu sorot oleh panitia dari perahu dan pompong.

Sebelum merangsek maju ke final segiti dibabak semi final Tuah Kalajengking Muda Indragiri mengalahkan jalur sesama asal Inhu, Putri Bungsu Dubalang Hitam Setda Inhu. Sementara dibabak 10 besar, jalur andalan Inhu ini berhasil menumbangkan sang juara tahun 2014, jalur Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit kecamatan Pangean yang juga harapan masyarakat Kuansing.

Berikut juara satu hingga kesebalas

1. Tuah Kalajengking Muda Indragiri/Rengat/Inhu.

2. Tuagh Koghi Dubalang Ghaji/Pintu Gobang Kari/Kuantan Tengah.

3. Panglimo Olang Putie/Sungai Alah/Hulu Kuantan.

4. Puti Mandi Mayang Terurai /Rantau Sialang/Kuantan Mudik.

5. Sijontiak Lawiek Pulau Tanamo/Pulau Jambu/Cerenti.

6. Putri Bungsu Dubalang Hitam Setda Inhu/.Redang Rengat/Inhu.

7. Linggar Jati JA RAPP/Pulau Kumpai/Pangean.

8. Siposan Rimbo RAPP/Paunh Angit/Pangean.

9. Juragan Kuantan RAPP/Seberang Gunung/Gunung Toar.

10. Sialang Soko Putri Mandi./Setako Raya Peranap/Inhu.

11. Meriam Onggan Parau/Kepala Pulau Baserah/Kuantan Hilir .