Pelayanan Dispenda Pekanbaru Lumpuh Akibat Korsleting Listrik

id pelayanan dispenda, pekanbaru lumpuh, akibat korsleting listrik

Pelayanan Dispenda Pekanbaru Lumpuh Akibat Korsleting Listrik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelayanan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, lumpuh total pada Selasa akibat kebakaran travo panel instalasi induk perkantoran bersama.

"Kami sampaikan permintaan maaf buat masyarakat atas kejadian yang diluar dugaan ini," ungkap Kepala Dispenda, Kota Pekanbaru, Yuliasman, di Pekanbaru.

Yuliasman menyebutkan, kerusakan pada jaringan listrik terjadi pada sekitar pukul 09.30 WIB. Pihaknya sudah mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat yang datang ke Dispenda pada hari ini.

"Sementara hari ini pelayanan administrasi, pembayaran berbagai pajak terhenti dulu akibat listrik padam," ujarnya.

Menurut Yuliasman, terganggunya pelayanan ini erat kaitannya dengan lumpuhnya semua peralatan dan jaringan akibat kejadian kebakaran travo pagi tadi.

Sehingga puluhan pos pelayanan berbagai pajak, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan sebagainya terpaksa dihentikan. Karena proses pembayaran dan pengurusan lewat komputer terganggu akibat data tersimpan diserver.

"Sekali lagi kami meminta maaf bukan disengaja ini karena kerusakan," bebernya.

Menurut Yuliasman selain lumpuhnya proses pembayaran, proses ferifikasi dan imput data juga terganggu.

Namun demikian ia optimis kondisi ini tidak akan berlangsung lama, karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah melakukan perbaikan.

"Besok kami harapkan pelayanan normal kembali," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan telah terjadi musibah kebakaran travo listrik pada perkantoran bersama yang didalamnya terdapat tiga kantor, Dispenda, Koperasi dan Disperindag pada pukul 09.30 wib.

Berkat kesigapan dari staff yang ada di Dinas tersebut, dan juga tersedianya racun api, kebakaran tidak sempat membesar dan langsung bisa dipadamkan.

Hanya kondisi ini telah berdampak kepada padamnya aliran listrik ke tiga perkantoran ini. Hasilnya menyebabkan pelayanan terganggu khususnya Dispenda lumpuh sama sekali.

Yetno, tenaga teknisi instalasi listrik, mengakui pihaknya saat ini sedang bekerja keras memperbaiki kabel yang terbakar.

"Satu kantor yakni Dispenda sudah dipasang, tinggal dua kantor lagi Disperindag dan Koperasi masih tahap perbaikan" ujarnya.

Menurut Yetno yang terbakar itu, stabilizer listrik untuk Disperindag, dan Koperasi. Karena imputnya sama-sama terbakar akibat letaknya yang berdekatan sehingga semua harus padam.

"Ini sekarang lagi proses penarikan kabel yang terbakar, lalu diganti kabel baru,"tambahnya.