Penerbangan Pekanbaru-Batam Tidak Terganggu Insiden Pesawat Jatuh

id penerbangan pekanbaru-batam, tidak terganggu, insiden pesawat jatuh

Penerbangan Pekanbaru-Batam Tidak Terganggu Insiden Pesawat Jatuh

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru memastikan tidak ada penerbangan rute Pekanbaru-Batam yang terganggu akibat insiden jatuhnya pesawat latih di Bandara Hang Nadim, Kota Batam.

"Sepertinya tidak ada yang terganggu karena kami mendapat info saat ini Bandara di Batam sudah dibuka kembali," kata Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II, Hasnan, kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan Bandara Hang Nadim memang sempat ditutup akibat insiden pesawat latih tersebut sekitar pukul 10.25 WIB. Namun, ia mengatakan tidak butuh waktu lama untuk evakuasi sehingga penerbangan bisa dibuka kembali.

Menurut dia, aktivitas penerbangan di Bandara tersebut mulai normal kembali sekitar pukul 12.00 WIB atau sekitar 90 menit setelah insiden terjadi.

"Pesawat Maskapai Citilink tujuan Pekanbaru-Batam juga sudah berangkat. Semua normal," ujar Hasnan.

Meski begitu, Otoritas Bandara Hang Nadim, Kota Batam, sempat mengalihkan semua penerbangan ke Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru akibat insiden jatuhnya pesawat latih di landasan pacu bandara pada Selasa pagi.

Hasnan menjelaskan, dua pesawat yang dialihkan (divert) ke Pekanbaru hingga siang ini adalah dari maskapai Garuda Indonesia.

Pesawat pertama adalah GA 152 rute Jakarta-Batam yang sudah mendarat di Pekanbaru pukul 11.15 WIB. Satu pesawat Garuda lainnya dalah GA 270 rute Medan-Batam yang mendarat di Pekanbaru pukul 11.20 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, penutupan Bandara Hang Nadim terjadi setelah sebuah pesawat latih jenis Cessna mengalami insiden saat mendarat di landas pacu sekitar pukul 10.25 WIB.

Pesawat latih tersebut merupakan milik dari Fly Best Flying School, sebuah perusahaan swasta. Pesawat tersebut awalnya mendarat mulus, namun belum sempat berhenti ketika percikan api tiba-tiba muncul sehingga pesawat mengalami kebakaran.

Dikabarkan ada dua orang berada di dalam pesawat itu saat terjadi insiden. Namun, keduanya sudah dievakuasi dan tidak mengalami luka serius.