Cegah pelanggaran dan jaga kamtibmas jelang Pilkada 2024, ini langkah Satlantas Polresta Pekanbaru

id Polresta Pekanbaru,cooling system

Cegah pelanggaran dan jaga kamtibmas jelang Pilkada 2024, ini langkah Satlantas Polresta Pekanbaru

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Alvin Agung Wibawa. (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Satlantas Polresta Pekanbaru berusaha menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya melalui Operasi Tematik dengan tema 'Riau adalah KITA' (Kota Indah Tertib dan Aman).

Operasi ini bertujuan untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di Kota Pekanbaru selama bulan Oktober ini.

Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada menjaga situasi yang kondusif saat tahapan kampanye Pilkada 2024 agar berlangsung sejuk, aman, dan damai.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Alvin Agung Wibawa melalui pernyataannya, Selasa, mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama bulan Oktober 2024.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya cipta kondisi menjelang Operasi Lilin Lancang Kuning 2024, serta pelaksanaan tahapan kampanye Pilkada 2024 di Kota Pekanbaru", ujarnya.

Operasi ini menargetkan tujuh pelanggaran utama, termasuk penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, tidak memakai sabuk pengaman dan tidak mengenakan helm SNI.

Selain itu kendaraan barang yang membawa penumpang di atas bak terbuka, melawan arus, melaju dengan kecepatan melebihi batas, serta berkendara tanpa dokumen lengkap (STNK dan SIM).

Kompol Alvin juga menyebutkan bahwa operasi ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba video konten imbauan lalu lintas, kegiatan safety riding bersama RSDC Riau di sekolah-sekolah, dan beberapa aktivitas lainnya.

Melalui kegiatan ini, Kompol Alvin meminta dukungan masyarakat untuk menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang warganya tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersama mendukung pelaksanaan kegiatan ini dengan cara mematuhi peraturan lalu lintas dan menjadi pelopor lalu lintas baik di lingkungan tempat kerja, sekolah maupun tempat tinggal atau di keluarganya,” pungkas Kompol Alvin.