Gibran Center harap bisa jadi pendamping program Makan Bergizi Gratis

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Gibran Center

Gibran Center harap bisa jadi pendamping program Makan Bergizi Gratis

Ketua Umum Gibran Center Marsudiyanto (tengah) saat ditemui di sela-sela acara Rakernas I Gibran Center Tahun 2024 di Jakarta, Sabtu (27/7/2024). (ANTARA/Agatha Olivia Victoria)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Gibran Rakabuming Raka berharap bisa menjadi pendamping bagi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka dalam melaksanakan program Makan Bergizi Gratis agar bisa tersalurkan sampai ke sasaran.

"Jadi rakyat yang di pelosok pun bisa merasakan program itu," ucap Ketua Umum Gibran Center, Marsudiyanto saat ditemui di sela-sela acara Rakernas I Gibran Center Tahun 2024 di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan program Makan Bergizi Gratis bertujuan untuk membuat rakyat menjadi cerdas dan terjamin gizinya.

Tak hanya program Makan Bergizi Gratis, dia pun menuturkan Gibran Center di 34 provinsi Indonesia sudah siap mendukung seluruh program Gibran nantinya di pemerintahan.

"Minimal membuat daerah-daerah yang tercover oleh Gibran Center bisa ikut serta dalam berbagai program-program Prabowo-Gibran yang berkesinambungan dengan program pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mencoba berbagai skema untuk memastikan program Makan Bergizi Gratis yang menyasar anak-anak sekolah berjalan sukses.

"Ini kan masih uji coba, akan kami coba skema lain," katanya saat meninjau uji coba makan bergizi gratis di Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/7).

Salah satunya adalah soal teknis penyediaan makanan untuk siswa.

Ia mengatakan saat ini makanan untuk siswa memanfaatkan UMKM.

Pihaknya bersama dengan Gojek Indonesia menggandeng UMKM untuk memasak makanan yang disediakan bagi siswa.

Gibran mengatakan uji coba berjalan secara bertahap dan dijalankan secara bertahap.

Mengenai penggunaan kemasan plastik untuk makanan para siswa, dikatakannya bertujuan agar mudah dibawa pulang ketika makanan tidak habis

Namun ia terbuka jika ada masukan soal pemakaian kemasan yang bisa digunakan berulang kali, seperti piring dan nampan dari stainless.

Dia juga terbuka jika ada pihak-pihak yang ingin berkontribusi.

"Kesempatan siapapun untuk mendukung program makan siang gratis pasti akan terbuka. Entah itu menyumbang menu tambahan, susu tambahan kami terbuka. Kami juga senang jika ada pihak swasta yang berpartisipasi," katanya.

Baca juga: Gibran Center Riau kampanyekan Prabowo-Gibran melalui senam gemoy