Wabah polio telah terdeteksi di lokasi pengungsian Jalur Gaza

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Polio

Wabah polio telah terdeteksi di lokasi pengungsian Jalur Gaza

Arsip foto - Seorang gadis Palestina bermain dengan mainan di reruntuhan kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara (5/6/2024). (ANTARA/Xinhua/Mahmoud Zaki/aa.)

Gaza (ANTARA) - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) pada Kamis (24/7) membenarkan bahwa virus polio telah terdeteksi di lokasi pengungsian di seluruh Jalur Gaza.

UNRWA sedang berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF untuk mengambil langkah yang diperlukan guna mencegah penyebaran virus, kata UNRWA melalui siaran pers.

Dalam sebuah laporan, UNRWA menyatakan bahwa Israel telah memerintahkan evakuasi di 83 persen wilayah di Jalur Gaza sehingga menyebabkan sekitar 1,9 juta orang kini hidup dalam kondisi kehausan dan kelaparan.

Laporan itu juga menyoroti bahwa 197 anggota staf UNRWA tewas dalam penembakan yang dilakukan Israel di Jalur Gaza, yang menargetkan 189 fasilitas milik UNRWA.

Serangan Israel telah mengakibatkan 563 pengungsi tewas dan 1.783 orang lainnya yang berlindung di fasilitas-fasilitas yang dijadikan UNRWA sebagai tempat pengungsian terluka.

Baca juga: Indonesia kutuk keras upaya Israel labeli UNRWA sebagai "organisasi teroris"

Baca juga: Sedikitnya 70 orang tewas, 200 terluka akibat serangan Israel di Khan Younis


Sumber: SPA