Satlantas Dumai Minta Siswa Lulus Tidak Pawai Kendaraan Bermotor

id satlantas dumai, minta siswa, lulus tidak, pawai kendaraan bermotor

Satlantas Dumai Minta Siswa Lulus Tidak Pawai Kendaraan Bermotor

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Dumai mengimbau agar siswa SLTA yang dinyatakan lulus ujian nasional menghindari pawai kendaraan bermotor di jalan raya.

"Kita mengimbau para siswa yang lulus agar tidak menggelar aksi pawai kendaraan secara berkelompok, karena dapat mengganggu ketertiban jalan umum dan merugikan diri sendiri," kata Kepala Satlantas Polres Dumai AKP Jaka Wahyudi di Dumai.

Meski demikian, katanya, pihaknya tetap menurunkan personel di lapangan untuk menggelar patroli pemantauan di sejumlah ruas jalan utama demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apabila terjadi dalam euforia perayaan kelulusan itu.

Pihak Satlantas juga akan mendatangi sejumlah sekolah untuk melakukan sosialisasi larangan pawai di jalanan dan aksi berlebihan dalam merayakan kelulusan seperti coret baju seragam sekolah yang sudah menjadi budaya.

"Personel juga akan menyambangi sekolah untuk memantau dan menyosialisasikan larangan siswa tidak menggelar pawai yang dapat mengganggu arus lalu lintas dan merupakan kebiasan negatif," katanya.

Langkah penertiban yang dilakukan pihaknya lebih diutamakan untuk memberikan penyuluhan. Tetapi jika ada siswa yang nekad berkonvoi, maka kepolisian akan mengambil tindakan tegas.

Dia mengimbau agar siswa yang membawa kendaraan pada hari kelulusan nanti (20/5) melengkapi dokumen surat dan tertib berkendara di jalan umum supaya selamat serta taat peraturan lalu lintas.

Ketua Panitia UN SLTA Disdik Kota Dumai Misdiono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi perayaan berlebihan yang lazim akan dilakukan para siswa yang dinyatakan lulus.

"Pengumuman kelulusan lewat media cetak dan papan informasi sekolah tersebut diharapkan dapat menghindari siswa terkonsentrasi pada satu tempat serta tidak melakukan aksi perayaan di jalanan," katanya.

Disdik juga mengimbau pihak sekolah agar melarang anak didik melakukan hal-hal yang tidak berguna dan dinilai mubazir. "Kami imbau pihak sekolah agar melakukan kegiatan positif, baik sebelum atau pada hari pengumuman kelulusan," ujarnya.