PAN pastikan usung kembali Alfedri-Husni Merza pada Pilkada Siak 2024

id Pilkada Siak 2024, Alfedri-Husni Merza, Partai Amanat Nasional

PAN pastikan usung kembali Alfedri-Husni Merza pada Pilkada Siak 2024

Alfedri-Husni saat Pilkada Siak 2020 lalu. ANTARA/HO-Alfedri-Husni

Siak, Riau, (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan kembali mengusung pasangan petahana Alfedri-Husni Merza untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah Siak 2024 karena hanya ini yang direkomendasikan ke dewan pimpinan pusat.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Riau, Fairus, Selasa mengatakan hal ini juga diperkuat dengan posisi Alfedri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Riau. Alfedri memiliki hak prerogratif termasuk mengusulkan wakilnya.

"Untuk Pilkada Siak, calon bupati yang diusung PAN masih Pak Alfedri. Wakilnya masih Pak Husni. Tak lama lagi Surat Keputusan DPP PAN untuk pasangan ini akan turun," katanya.

Tidak hanya soal pasangan, Fairus menyebut, Alfedri juga punya hak sepenuhnya menentukan partai koalisi untuk memenuhi persyaratan pencalonan. Itu karena PAN tidak bisa mengusung calon sendiri.

Perolehan kursi PAN di DPRD Siak hasil Pemilihan Legislatif 2024 adakah 6 kursi. Jumlah itu belum mencukupi syarat minimal mengusung calon 20 persen dari 40 total kursi di DPRD Siak.

"Yang jelas PAN mengusung Pak Alfedri sebagai calon tunggal. Soal partai koalisi lain, beliau juga punya hak prerogatif menentukan sendiri," pungkasnya.

Untuk diketahui, Alfedri-Husni merupakan pasangan bupati dan wakil bupati petahana di Kabupaten Siak. Pada Pilkada 2020 lalu, pasangan ini diusung koalisi PAN, Partai Kebangkitan Bangsa, Nasional Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan dan Hati Nurani Rakyat.