Pemko Pekanbaru tekan angka kemiskinan dengan kembangkan UMKM

id UMKM Kota Pekanbaru, Kemiskinan Kota Pekanbaru, sentra UMKM Pekanbaru

Pemko Pekanbaru tekan angka kemiskinan dengan kembangkan UMKM

Salah satu sentra UMKM di Bandara Sultan Syarif Kasim II Penkanbaru. (ANTARA/HO-SSK II)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berupaya menekan angka kemiskinan dengan melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui berbagai program mulai dari bantuan subsidi bunga hingga membuat sentra penjualan.

'Kita sudah punya program bunga pinjaman 0 persen untuk pelaku UMKM. Kita juga bangun gedung UMKM yang akan segera diresmikan tahun ini," kata Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, di Pekanbaru, Sabtu

Program pemberian pinjaman dengan bunga 0 persen itu, kata dia, adalah untuk mendukung usaha mikro agar bisa mengembangkan diri. Terkait gedung sentra UMKM di Jalan Arifin Ahmad, rencananya akan diresmikan pada Mei 2024 mendatang guna mendukung geliatnya usaha kecil.

Pembuatan gedung itu agar pelaku UMKM terpusat dan akan menjadi pusat wisata UMKM. Kemudian Pemkot Pekanbaru juga akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait serta badan usaha wisata maupun hotel agar bisa membawa tamu wisatawan ke gedung itu.

"Gedung itu kita konsep agar semua produk UMKM di Kota Pekanbaru, terpusat di sana. Pemkot Pekanbaru akan mempromosikannya dengan mengundang perhubungan, kepariwisataan, travel-travel, bus pariwisata, perhotelan. Mereka kita minta, agar ketika ada tamu dari luar kota, mereka wajib singgah ke sini," jelasnya.

Selain itu, pembinaan kepada pelaku UMKM juga diwadahi dengan pembentukan koperasi dan organisasi bagi UMKM. Salah satunya adalah Perkumpulan Komunitas UMKM (Perkom UMKM) Kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan, Kota Pekanbaru mengalami penurunan persentase angka pengangguran, namun justru ada kenaikan persentase angka kemiskinan. Oleh karenanya, Pemkot Pekanbaru harus hadir di tengah masyarakat untuk mendorong masyarakat yang memulai usaha UMKM-nya.

"Tingkat kemiskinan di Kota Pekanbaru saat ini di angka 3 persen. Itu angkanya naik daripada tahun sebelumnya. Maka dari itu, kita harus dukung pelaku UMKM. Saya ingin kita mengembangkan UMKM di Kota Pekanbaru untuk menekan angka ini," ujarnya.

Muflihunjuga berharap semua upaya Pemkot Pekanbaru untuk mengembangkan UMKM, dapat didukung oleh setiap lapisan masyarakat di Kota Pekanbaru, termasuk pelaku UMKM tersebut.