Presiden Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Bank BNI di Ibu Kota Nusantara

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Nusantara

Presiden Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Bank BNI di Ibu Kota Nusantara

Presiden Joko Widodo menekan tombol peresmian peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor BNI di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/Muhammad Solih Januar)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bank BNI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis.

Dalam kesempatan itu Presiden mengapresiasi kehadiran BNI di IKN yang membangun perbankan digital.

"Wilayah ini, kawasan ini nanti akan menjadi cluster industri keuangan, cluster perbankan. Dan saya senang bank BNI membangun digital banking di sini,” kata Jokowi dalam sambutannya di IKN, Kalimantan Timur, Kamis.

Presiden mengatakan keberadaan digital banking penting di IKN, untuk mendorong masyarakat agar betul-betul beralih kepada transformasi digital.

"Dan memang transformasi ekonomi di Ibu Kota Nusantara ini harus mendorong kita semua untuk bertransformasi dari pola ekonomi lama ke pola ekonomi baru, karena memang landskap ekonomi global semua sekarang berubah, landskap politik global juga berubah semuanya, geopolitik juga berubah,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Presiden, IKN harus benar-benar menjadi bagian dari transformasi ekonomi Indonesia.

Presiden lalu menyampaikan bahwa bagi mereka yang baru pertama kali ke IKN, maka lokasi IKN mungkin terasa sangat jauh.

"Dari Jakarta kelihatan sangat jauh, dari Balikpapan juga hampir dua jam,” jelasnya.

Hal itu menurut Jokowi, karena pembangunan bandara dan jalan tol belum selesai.

"Kalau nanti dua ini (bandara dan tol) sudah selesai, bapak-ibu kalau ke IKN turun dari pesawat ke sini kira kira hanya 15 menit, dekat sekali 15 menit (dari bandara),” ujarnya.

Sedangkan dari Balikpapan jika menggunakan jalan tol hanya memerlukan waktu 45 menit.

"Jadi betul-betul nanti kita harapkan dengan adanya fasilitas jalan tol, fasilitas bandara, IKN ini menjadi semakin ramai dan kita harapkan Ibu Kota Nusantara ini akan menjadi sebuah kota yang hidup, tidak hanya urusan pemerintahan tapi di bayangan saya kalau fasilitas-fasilitas sudah komplet, konser-konser besar nanti akan bisa diadakan di IKN,” kata Jokowi.

Baca juga: Otorita Ibu Kota Nusantara luncurkan Pusat Komando IKN di "groundbreaking" kelima pekan ini

Baca juga: AHY berkunjung ke IKN pada pekan depan