AHY berkunjung ke IKN pada pekan depan

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara, AHY

AHY berkunjung ke IKN pada pekan depan

Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (ANTARA/Aji Cakti/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni mengungkapkan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pekan depan.

Raja Juli Antoni mengatakan, "Sesuai dengan arahan Menteri AHY, dirinya bersama Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN mengidentifikasi dan menginventarisasi pekerjaan yang bisa diselesaikan satu tahun atau sampai dengan Oktober 2024 maupun yang 100 hari yang mungkin diselesaikan dan ada masalah serta bagaimana solusinya.

"Notulensi sudah saya kirimkan ke Menteri, ada beberapa hal yang saya kira dalam 100 hari ini harus dikerjakan oleh Mas Menteri dan saya kira Mas Menteri langsung yang akan menyampaikan ke media. Pada pekan depan, namun detailnya waktunya belum ditentukan, Menteri AHY berkenan untuk mengunjungi IKN, sekaligus mengecek beberapa pekerjaan ATR/BPN terutama pengadaan tanah yang untuk membantu amanah Presiden Joko Widodo dalam menyelesaikan IKN," ujarnya di Kementerian ATR/BPN, Jakarta pada Jumat.

Selain berencana untuk melakukan kunjungan kerja ke IKN, Mas Menteri AHY juga dalam waktu dekat akan meresmikan gerai layanan sertifikat elektronik di Bali.

"Perintah beliau dalam waktu dekat ini juga yakni terkait kunjungan ke Bali untuk meresmikan gerai layanan sertifikat elektronik di Bali," kata Raja Juli Antoni.

Sebagai informasi, berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menyatakan bahwa pembangunan IKN menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia.

Pembangunan IKN menempatkan Indonesia dalam posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, aliran investasi, dan inovasi teknologi.

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.

Dibangun dengan identitas nasional, IKN mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

Baca juga: Ini gebrakan AHY pertama kali saat jadi menteri

Baca juga: AHY nyatakan siap tuntaskan "pekerjaan rumah" Kementerian ATR/BPN