Polda Riau bersama parpol deklarasi tertib berlalulintas jelang pemilu

id Polda Riau,Pemilu damai

Polda Riau bersama parpol deklarasi tertib berlalulintas jelang pemilu

Polda Riau dan Forkopimda saat akan berkonvoi usai deklarasikan tertib lalulintas sebagai upaya wujudkan pemilu damai. (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Polda Riau bersama Forkopimda Riau mendeklarasikan tertib berlalulintas dalam mewujudkan Pemilu Damai yang Berkeselamatan di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Ahad.

18 partai politik (parpol) yang berkompetisi pada pesta demokrasi nanti juga ikut hadir bersama Bawaslu dan KPU Provinsi Riau.

Deklarasi ini juga diikuti oleh seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau secara daring.

Dalam arahannya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan kalau persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang paling utama, meski berbeda pilihan dan beda partai politik.

"Dari awal kami sudah melakukan rapat koordinasi, seminar di berbagai tempat di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, FGD secara tatap muka, secara personal maupun secara organisasi di berbagai sektor mewujudkan Pemilu Damai," ujarIqbal dalam sambutannya.

Kapolda juga mengatakan kegiatan Pemilu damai ini tidak bisa maksimal tanpa kerjasama seluruh pihak dan elemen masyarakat.

"Kami ingin semua elemen masyarakat ikut membantu mengamankan Pesta Demokrasi 2024 hingga proses selesai dapat tercipta suasana yang aman dan nyaman," harapnya.

Tidak hanya itu, Polda Riau dan Jajaran juga telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Sistem Pengamanan Kota (Sispamko), melaksanakan Subuh Berjamaah dan Doa bersama di Halaman Mapolda Riau seperti Salat Id.

"Kita masih jauh dari kata sempurna, tapi dengan upaya yang diamanahkan dalam undang-undang, kita akan bekerja maksimal demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Deklarasi tertib berlalulintas ini, dikatakan Iqbal, adalah komitmen semua unsur, baik dari Parpol yang ikut berkompetisi pada Pesta demokrasi serta KPU, Bawaslu, TNI semua dapat bekerja sama mewujudkan Pemilu Damai 2024.

"Kami akan tampil maksimal dengan TNI. Kamj akan menjaga, mengawal serta meminimalisir segala bentuk tindakan yang akan merusak Pesta Demokrasi," lanjut Iqbal.

Kegiatan ini sendiri merupakan inisiasi dari Ditlantas Polda Riau, dan KapoldaIqbal mengapresiasi langkah baik yang diambil Ditlantas.

"Sangat bagus. Kami ingin seluruh bentuk kegiatan Kampanye nanti berjalan lancar, tertib dari awal hingga berakhirnya Pemilu 2024," pungkasnya.

Adapun isi komitmen Partai Politik dalam berkampanye Tertib Berlalulintas yakni ada enam poin;

1. Mewujudkan pemilu damai yang berkeselamatan tahun 2024 dengan selalu mematuhi dan mentaati peraturan berlalu lintas.

2. Berperilaku tertib dan tidak arogan saat berkonvoi menuju lokasi kampanye serta selalu menjaga keselamatan pengguna jalan lain.

3. Menggunakan helm standar nasional Indonesia (sni), tidak berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan knalpot brong saat menggunakan sepeda motor.

4. Tidak menggunakan mobil angkutan barang atau kendaraan bak terbuka untuk membawa peserta kampanye.

5. Tidak akan melibatkan anak-anak di bawah umur dalam pelaksanaan kampanye dan konvoi di jalan.

6. Senantiasa menghimbau kepada massa pendukung dan simpatisan untuk berperilaku tertib berlalu lintas di jalan.