Kepala Kanwil Kemenkumham Riau pantau jalannya Paspor Simpatik

id Kemenkumham, oaspor simpatik

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau pantau jalannya Paspor Simpatik

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir saat meninjau pelaksanaan Paspor Simpatik. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi Indonesia (HBI) ke-74, seluruh Kantor Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melakukan pelayanan Paspor Simpatik pada Sabtu (20/1).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir didampingi Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung dan Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa Dwi Putra beserta jajaran Divisi Keimigrasian mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru untuk melihat jalannya pelayanan Paspor Simpatik ini.

Budi Argap menyampaikan bahwa Paspor Simpatik merupakan layanan paspor yang dilakukan pada weekend untuk mengakomodasi tingginya tingkat permohonan paspor sekaligus memfasilitasi masyarakat yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan.

"Kalau di hari kerja kan harus mengajukan izin terlebih dahulu. Sehingga pemohon paspor yang bekerja tetap bisa mendapatkan pelayanan paspor dengan adanya paspor simpatik ini pada weekend tanpa perlu mengantri secara online.

Hal ini merupakan upaya jajaran Kanwil Kemenkumham Riau untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan masyarakat," ujar Budi Argap.

Di Kanim Pekanbaru melalui Paspor Simpatik ini melayani 99 pemohon paspor baik perpanjangan maupun permohonan baru. Terpantau Kanim Pekanbaru juga sedang melayani 54 orang pemohon paspor untuk calon jemaah haji susulan dari Kabupaten Kampar.

Selain melakukan pelayanan paspor simpatik, Budi Argap menyampaikan bahwa Insan Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau juga melakukan berbagai kegiatan sosial ke panti asuhan dan donor darah, tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dan ditutup dengan Upacara pada hari puncak HBI ke-74 yang jatuh pada 26 Januari mendatang.