Menkominfo Budi Arie sebut BTS 4G di daerah 3T tingkatkan produktivitas masyarakat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Menkominfo

Menkominfo Budi Arie sebut BTS 4G di daerah 3T tingkatkan produktivitas masyarakat

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. (ANTARA/HO-Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan operasional Base Transceiver Station (BTS) 4G akan meningkatkan produktivitas masyarakat di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Pembangunan infrastruktur digital ini target utamanya adalah bagaimana membuat masyarakat menjadi lebih produktif. Jadi digitalisasi ini membuat masyarakat, warga menjadi lebih produktif,” kata Budi Arie dalam rilis pers, Sabtu.

Menurut Menkominfo, kehadiran infrastruktur digital di daerah 3T dapat mendukung pelayanan publik baik di sektor pendidikan, kesehatan, pertahanan dan keamanan, maupun sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan demikian, masyarakat daerah 3T bisa menikmati manfaat pemerataan akses digital sesuai dengan kebutuhan.

"Jadi infrastruktur digital ini membuat masyarakat terutama di daerah 3T ini memiliki akses terkoneksi di ruang digital," kata dia.

Dalam Peresmian Pengoperasian BTS 4G BAKTI Kementerian Kominfo dan Integrasi SATRIA-1 dengan stasiun bumi di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12), Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan BTS di Papua menghadapi tantangan yang cukup besar.

Oleh karena itu, Presiden memerintahkan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk mendampingi pelaksanaan Pembangunan BTS 4G agar rampung pada 2024.

“Bapak Presiden kemarin mengatakan bahwa yang Papua itu harus kita selesaikan. Dan, saya sudah minta paling enggak enam bulan ini bisa kita tuntaskan. Dan kita sudah koordinasi dengan Panglima TNI dan juga Kapolri yang akan mem-back up dari segi keamanannya,” jelas Menkominfo.

Tak hanya itu, Menteri Budi Arie menegaskan akan mempercepat penyelesaian pembangunan BTS 4G di daerah lain yang belum rampung. Menurutnya hal itu ditujukan untuk pemerataan konektivitas internet ini agar bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

“Papua itu 630 titik lokasi harus kita tuntaskan dalam satu semester. Nanti daerah-daerah lain terutama yang 3T juga dipercepat,” tegasnya.

Menkominfo optimistis pembangunan BTS 4G di seluruh daerah 3T akan tuntas sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: TNI AU bersama Kominfo dan PT Pos Indonesia luncurkan prangko empat pahlawan nasional

Baca juga: Menkominfo Budi Arie ajak pelaku UMKM kembangkan jejaring dan tingkatkan kolaborasi