Kemenkumham Riau gelar apel siaga ciptakan akhir tahun kondusif, ini pesan Irjen

id Kemenkumham, kemenkumham riau, razilu

Kemenkumham Riau gelar apel siaga ciptakan akhir tahun kondusif, ini pesan Irjen

Irjen Kemenkumham RI Razilu saat memeriksa peserta apel siaga di Lapas Klas III Rumbai. (ANTARA/HO-Kemenkumham)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka menyambut perayaan Natal 2023 dan liburan akhir tahun, peningkatan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas/Rutan/LPKA sangatlah diperlukan demi menciptakan suasana yang kondusif, tertib dan aman.

Untuk mengantisipasi hal ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas III Rumbai, Sabtu (9/12), dengan Pembina Apel adalah Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Razilu.

Dalam arahannya, Razilu mengawali dengan menyatakan apresiasinya kepada seluruh petugas pemasyarakatan, terutama bagi yang beragama nasrani, yang rela berkorban untuk tidak merayakan hari raya bersama keluarga dan sanak saudaranya, demi melaksanakan tugas mulia yang merupakan pengabdian bagi nusa dan bangsa.

"Terus laksanakan upaya preventif, karena kita harus selalu ingat prevention is better than cure. Saya yakin seluruh insan Pemasyarakatan memiliki kapabilitas untuk melaksanakan pengawasan dan pencegahan yang komprehensif dan sistemik sehingga dapat menanggulangi risiko-risiko yang mungkin terjadi, terutama pada saat Natal dan Tahun Baru 2024 nanti," ungkap Razilu.

Razilu juga mengingatkan jajaran Kanwil Kemenkumham Riau untuk harus terus konsisten untuk tingkatkan kinerja serta integritas.

"Mari kita sambut tahun baru nanti dengan semangat kerja baru yang dilengkapi dengan jiwa yang mulia serta hati yang penuh cinta kasih. Mari menjadi pribadi yang berintegritas, berprinsip, yang handal serta berkualitas untuk menegakkan prinsip-prinsip good and clean gorvernance serta core value ber-AKHLAK," tutur Razilu menutup amanatnya.

Pada apel siaga ini ditampilkan baris berbaris kreasi oleh petugas Pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas II Pekanbaru, atraksi bela diri dari Lapas Perempuan dan LPKA Pekanbaru, yang ditutup dengan pemusnahan barang bukti hasil razia Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Riau dari berbagai Lapas dan Rutan.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Budi Argap Situngkir menyampaikan bahwa Apel siaga pengamanan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dan komitmen melayani dari jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban serta melakukan antisipasi potensi atas gangguan keamanan dan ketertiban selama akhir tahun.