Bangkitkan motivasi, Irjen Kemenkumham RI beri penguatan jajaran Kumham Riau

id Kemenkumham

Bangkitkan motivasi, Irjen Kemenkumham RI beri penguatan jajaran Kumham Riau

Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu saat hadir di Kanwil Kumham Riau. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebagai Unit Eselon 1 yang mengemban tugas dan fungsi melakukan pembinaan dan pengawasan, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM berinovasi melahirkan program unggulan bertajuk “Gerbang Transisi" (Bergerak Bangkitkan Kesadaran Inspirasi dan Motivasi) untuk Mewujudkan Keagungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pada Jumat (8/12), Inspektur Jenderal Kemenkumham RIRazilu hadir di Kanwil Kumham Riau sebagai wilayah ke-16 pelaksanaan Gerbang Transisi. Kegiatan yang terpusat pada Ruang Serbaguna Ismael Saleh ini diikuti oleh Kakanwil KemenkumhamRiau Budi Argap Situngkir, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa Dwi Putra, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Riau, para Pejabat Struktural dan jajaran Kanwil Kemenkumham Riau dan diikuti secara virtual melalui zoom meeting seluruh jajarannya.

Kegiatan ini diawali dengan laporan yang disampaikan Budi Argap Situngkir. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan gambaran umum terkait Kantor Wilayah serta prestasi yang telah diraih. “Jajaran Kanwil Kemenkumham Riau selalu berkomitmen memberikan kinerja yang terbaik dan mengharumkan nama instansi,” sebut Budi Argap.

Usai penyampaian laporan oleh Kakanwil, dilakukan penandatanganan 10 Pesan Inspektur Jenderal dan disusul dengan penyematan pin Duta Integritas oleh Inspektur Jenderal mewakili Menteri Hukum dan HAM RI kepada 11 ASN Kemenkumham Riau.

Duta Integritas ini dipilih untuk menjadi teladan dan motivator dalam mewujudkan integritas di lingkungan unit kerja. Adapun Duta Integritas pada Kanwil Kemenkumham Riau adalah; Kepala Kanwil Kumham Riau Budi Argap Situngkir, Kadiv Administrasi Johan Manurung, Kadiv Pemasyarakatan Mulyadi, Kabid Informasi Keimigrasian Habiburrahman, Kepala Lapas Pekanbaru Sapto Winarno, Kepala Kanim Pekanbaru Syahrioma Dellavino, Kepala Kanim Dumai Ricky Rachmawan, Kepala Kanim Bengkalis Zakaria, Kepala Kanim Tembilahan Nanang Mustofa, Kepala Kanim Bagansiapiapi Anwar Musyaddad, Kepala Lapas Terbuka Effendi Parlindungan Purba dan Kepala Rudenim Pekanbaru Panogu Sitanggang.

Selanjutnya, Inspektur Jenderal memberikan arahan dengan menyampaikan bahwa Gerbang Transisi merupakan salah satu program unggulan Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran peran strategis Kemenkumham, meningkatkan motivasi dan inspirasi pegawai, serta menekan dan/atau mengurangi penyimpangan/pelanggaran.

"Gerbang Transisi ini merupakan momentum penting bagi kita untuk berbenah diri dan meningkatkan kualitas kinerja. Kita harus sadar bahwa Kemenkumham memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keadilan di masyarakat," ujar Razilu.

Razilu juga menekankan pentingnya setiap pegawai Kemenkumham untuk menjadi pribadi yang utuh, baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual. Selain itu, pegawai Kemenkumham juga harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjadi pemimpin di lingkungan masing-masing.

"Mari kita jadikan Gerbang Transisi ini sebagai momentum untuk menjadi insan pengayoman sejati yang selalu memberikan kontribusi terbaik bagi Kemenkumham dan masyarakat," tutup Razilu.