Bengkalis juara umum MTQ Riau, berikut daftar lengkap juaranya

id Rengat,Indragiri Hulu

Bengkalis juara umum MTQ Riau, berikut daftar lengkap juaranya

Acara Penutupan MTQ Riau XLI Tahun 2023. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Kabupaten Bengkalis meraih nilai tertinggi dan dinobatkan menjadi juara umum di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)XLItingkat Provinsi Riau 2023 yang dilaksanakan di Indragiri Hulu.

"Dewan Hakim MTQ memberikan nilai 82 pada Bengkalis, lalu menyusul Kota Pekanbaru dengan nilai 64," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Riau Masrul Kasmy saat menutup acara MTQ di Kota Rengat, Sabtu malam.

Selanjutnya, sebagai juara ketiga adalah Kabupaten Rokan Hilir dengan perolehan nilai 53. Sementara, Indragiri Hulu sebagai tuan rumah harus puas di posisi 10 dengan nilai 20.

Juara MTQ Riau 2023 nantinya akan mewakili Riau MTQnasional.

Sebagai Qori terbaik diraih oleh Kafilah asal Kabupaten Bengkalis atas nama Muhammad Firdaus. Sedangkan. Stan Bazar terbaik 1 diraih oleh Pelalawan dan Pawai Taaruf terbaik 1 diraih oleh Rokan Hilir.

Selanjutnya, untuk MTQ Riau 2024 mendatang, sebagai tuan rumah adalah Kota Dumai.

Pada penutupan MTQ Riau 2023, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menyampaikan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah berperan aktif hingga perhelatan akbar sukses terlaksana.

"Pemilihan lokasi MTQ di Tepian Danau Raja, memiliki nilai yang tinggi, sebab merupakan objek wisata kebanggaan masyarakat Indragiri Hulu," sebut Rezita.

Danau Raja adalah satu di antara dua danau yang ada di Indonesia yang berada tepat di tengah kota.

Keunikan Danau Raja sendiri adalah dimana pada musim kemarau, airnya tidak pernah kering dan pada musim hujan, airnya tidak pernah melimpah.

Sebagai tuan rumah, kata Rezita, menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat banyak kekurangan dari segi pelayanan, serta kenyamanan para tamu yang datang ke Kabupaten Indragiri Hulu ini.

Untuk diketahui, pemenang Stand Bazar di MTQ tingkat Provinsi Riau yakni Harapan 3 diraih oleh Kuantan Singingi, Harapan 2 Bengkalis, Harapan 1 Indragiri Hilir serta Juara 3 Kabupaten Siak, Juara 2 Rokan Hulu.

Pemenang lomba Pawai Ta'aruf yakni Harapan 2 diraih oleh Kota Pekanbaru, Harapan 1 Siak, Juara 3 Kuantan Singingi, Juara 2 Rokan Hulu.

Sedangkan, MTQ Tingkat Provinsi Riau ditutup dengan penyerahan bendera LPTQ oleh Bupati Inhu Kepada Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy.

Dan, kemudian di serahkan kepada Wali Kota Dumai sebagai calon tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau pada tahun 2024.

Hasil keputusan Dewan Hakim, Ketua Mawardi M.Saleh dan Sekretaris Sopwan Muhajir menyebutkan bahwa urutan perolehan nilai sebagai berikut :

1. Bengkalis nilai 82.

2. Pekanbaru nilai 64.

3. Rokan Hilir nilai 53.

4. Indragiri Hilir dengan nilai 42. 5. Dumai dengan nilai 39.

6. Kampar dengan nilai 37.

7. Pelalawan dengan nilai 36.

8. Rokan Hulu dengan nilai 23.

9. Kep Meranti dengan nilai 21. 10. Indragiri Hulu dengan nilai 20. Dan Siak dengan nilai 20.

11. Kuantan Singingi dengan nilai 17 poin.