Tanggap bencana, Polda Riau siagakan personel

id Polda Riau,Basarnas Pekanbaru

Tanggap bencana, Polda Riau siagakan personel

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat diwawancarai. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Memasuki musim penghujan di pada tahun 2023 ini, Polda Riau mensiagakan personel di 12 kabupaten dan kota di Riau atas instruksi langsung Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Irjen Iqbal meminta agar seluruh personel kepolisian dapat cepat tanggap terhadap bencana.

"Bapak Kapolda telah meminta agar jajaran siaga. Seperti sebelumnya, saat terjadi banjir tim langsung dilerahkan untuk membantu dan melalukan evakuasi terhadap masyarakat," sebut Kabid Humas Polda Riau Kombes Hery Murwono, Kamis.

Lanjutnya, Kapolda juga menekankan agar jajaran dapat gerak cepat apabila terjadi bencana seperti banjir. Bahkan sebisanya turun ke lapangan membantu masyarakat meski dengan peralatan seadanya namun tetap mengutamakan keselamatan diri saat melakukan evakuasi.

Kapolda juga meminta agar jajaran mengimbau masyarakat apabila curah hujan yang turun sangat tinggi.

Selain itu diingatkan pula untuk tetap waspada dengan segala bentuk potensi bencana. Apalagi di wilayah yang termasuk rawan, seperti dekat sungai dan tebing.

Diketahui, sejumlah wilayah di Provinsi Riau saat ini sudah memasuki musim penghujan dan berpotensi terjadi banjir. Hujan utamanya akan terjadi di wilayah pesisir utara, seperti Kabupaten Kampar, Rohul dan Rohil. Akibat curah hujan yang tinggi, banjir telah melanda Kabupaten Rohul.

Banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Rambah. Ketinggian mencapai selutut orang dewasa. Rumah warga dan fasilitas umum tergenang air.

Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi saat dikonfirmasi mengatakan sejauh ini pihaknya belum ada menerima permintaan evakuasi.

"Tapi kami juga mencari informasi daerah-daerah yang berpotensi banjir. Kita koordinasi dengan BPBD juga. Mana yang membutuhkan evakuasi, kami akan segera melakukan itu," ucap Budi.

Budi mengungkapkan, jika ada banjir saat ini, itu adalah banjir genangan yang sifatnya hanya sesaat. Ia menegaskan, pihaknya senantiasa siap siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat.

Budi berujar, masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 115. Ini merupakan layanan bebas pulsa yang langsung terkoneksi ke Basarnas pusat di Jakarta.

"Nanti tim pusat Jakarta yang menginformasikan ke kita. Tetapi kalau ke Kantor SAR Pekanbaru juga bisa menghubungi 08117770115 atau 0761674821/679989," pungkasnya.