Disdukcapil Meranti lakukan perekaman e-KTP pemula di SMK Tebingtinggi

id Perekaman e-KTP pemula ,Disdukcapil Meranti ,SMKN 1 Tebingtinggi ,e-KTP siswa SMK Meranti

Disdukcapil Meranti lakukan perekaman e-KTP pemula di SMK Tebingtinggi

Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti melakukan perekaman e-KTP pemula kepada salah seorang siswi SMK Negeri 1 Tebingtinggi, Selasa (19/9/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan kegiatan perekaman Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), sekaligus sosialisasi pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan kepada pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tebingtinggi, Selasa.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar. Kemudian dihadiri juga Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir dan Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid beserta jajaran.

Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti Agustia Widodo menyampaikan, bahwa saat ini Disdukcapil melanjutkan program Melala KTP-el pemula bagi pelajar di SMK Negeri 1 Tebingtinggi. Perekaman direncanakan untuk 241 siswa/i dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk para guru.

"Kebetulan pada hari ini ada siswa yang berulang tahun ke-17 bernama M Fahmi Setiawan, dan kita langsung menyerahkan KTP dan kue ulang tahun yang berbentuk KTP sebagai hadiah ulang tahun sweet seventeen kepada siswa tersebut," terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Asmar mengatakan pentingnya kebutuhan tentang perekaman kependudukan itu untuk semua generasi. Hal itu merupakan bagian sistem administrasi di Indonesia, yang dilaksanakan guna mempercepat layanan kepada masyarakat.

"Perlunya administrasi penduduk ini tentunya banyak hal baik yang dibutuhkan. Seperti untuk melanjutkan sekolah, bekerja, maupun dalam memberikan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang," ujarnya.

Dia juga mengatakan, program Melala atau Melakukan Perekaman Jemput Bola harus terus dilakukan. Diharapkan lebih mempermudah masyarakat, sehingga tidak perlu datang jauh-jauh lagi ke kantor Disdukcapil.

"Saya berharap, program ini terus ditingkatkan, dan bukan hanya hari ini saja. Tapi terus menerus dilakukan, terutama sasaran kita adalah anak-anak sekolah," tuturnya.

Pada kesempatan itu, pihak KPU juga turut menyiapkan bingkisan bagi siswa yang berulang tahun tersebut. KPU juga melakukan sosialisasi mengenai hak pada Pemilu tahun 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut, staf ahli Bupati M Mahdi, Asisten III Setda Sudandri, Kepala Sekolah SMK N 1 Zamzuri, para majelis guru dan siswa-siswi SMKN 1 Tebingtinggi.