Turap penahan tebing di Rengat runtuh ke Sungai Indragiri

id Rengat,Indragiri Hulu,Turap sungai indragiri

Turap penahan tebing di Rengat runtuh ke Sungai Indragiri

Kondisi turap penahan tebing di tepi sungai Kota Rengat.(ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Masyarakat Indragiri Hulu berharap turap penahan tebing sepanjang puluhan meter di Kota Rengat perlu perhatian dari instansi terkait dan dapat segera diperbaiki karena kondisinya saat ini banyak yang runtuh ke sungai.

"Turap itu menahan banyak ruko yang ada di depannya, dan lokasinya merupakan jalur lalu lintas yang ramai," kata salah satu warga Inhu, Sarman, Senin.

Ia mengatakan, setiap hari masyarakat yang melewati jalur lintas tersebut pada khawatir dengan kondisi bahu jalan yang tergerus ke sungai.

Setiap hari, bahu jalan semakin tergerus, abrasi ke sungai dan bahkan cor semen, besi, beton turap banyak yang hancur tenggelam masuk ke air.

Pengguna jalan bukan saja takut terjadi laka lantas tetapi kondisi badan jalan semakin sempit akibat tergerus ke sungai Indragiri.

"Terlebih, jika jalan itu dilalui kendaraan berat, goncangan semakin terasa," ujarnya.

Warga pemerhati Indragiri Hulu, Justin Panjaitansangat menyangkan kondisi bahu jalan, turap sungai Indragiri di Kota Rengat lambat mendapat perhatian.

"Dampaknya sangat luar biasa, semakin hari bahu dan badan jalan bisa putus," sebutnya.

Pada akhirnya, ratusan meter turap penahan tebing runtuh ke sungai Indragiri. Solusinya adalah penting kegiatan tanggap darurat sebab kondisi sangat rawan.