Komisi IV DPRD Riau tinjau pembangunan Jalan Parit Indah Pekanbaru

id DPRD Riau, Jalan rusak, Parit Indah, sidak

Komisi IV DPRD Riau tinjau pembangunan Jalan Parit Indah Pekanbaru

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau H Parisman Ihwan, Senin (17/7)  meninjau pembangunan Jalan Parit Indah Kota Pekanbaru sepanjang 108 Km. Antara/HO-Humas Pemrov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau yang juga legislator dapil Kota Pekanbaru Parisman Ihwan meninjau pembangunan Jalan Parit Indah Kota Pekanbaru, Senin (17/7).

Kunjungan Parisman itu didampingi kontraktor pelaksana, PPTK serta pengawas proyek. Kata Parisman, ruas jalan yang berada di Kota Pekanbaru itu dibangun melalui anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) tahun 2023 yang dialokasikan oleh Pemprov Riau.

"Jadi kita selain meninjau spesifikasi pengerjaan kita juga meninjau keluhan masyarakat yang terdampak debu karena pembangunan. Dan kita juga sudah koordinasikan langsung dengan pihak kontraktor," kata dia.

Dia menjelaskan, ruas jalan yang bakal diperbaiki hampir 1,08 kilometer yang sebagian sudah mulai diaspal. Pengaspalan dimulai pada kerusakan yang lebih ringan sedangkan yang rusak berat masih on progres.

Dia menyampaikan untuk anggaran pembangunan Jalan Parit indah tersebut, Pemprov Riau menyalurkan bantuan sebesar Rp5,6 miliar, dan setelah kontrak menjadi Rp5,2 miliar. Sementara itu, anggaran lainnya terdiri dari anggaran konsultan pengawas senilai Rp100 Juta.

Sementara itu, kata dia, dampak pembangunan seperti debu yang dikeluhkan masyarakat sudah disampaikan kepada pihak kontraktor. Saat penimbunan diperhatikan proses penyiramannya sehingga tidak mengganggu pada lingkungan sekitar.

"Memang debu itu tidak hanya mengganggu masyarakat sekitar, tapi juga pengguna jalan. Ini juga menjadi tujuan kita melakukan peninjauan," kata dia.

Kata dia, berdasarkan target yang ditetapkan harus segera dituntaskan. Kontraktor diminta berupaya maksimal menyelesaikan pembangunan dan meminimalisir dampak yang merugikan masyarakat.

"Kita berharap pengerjaan ini berjalan lancar dan segera dinikmati masyarakat. Kita yakin bulan ini bisa tuntas walaupun pengerjaannya diperpanjang sampai Desember. Masyarakat diminta untuk bersabar dan mendukung pembangunan ini," ujarnya. (Adv)