Dua heli PT Arara Abadi APP Sinar Mas bantu padamkan karhutla di perbatasan Bengkalis-Dumai

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PT Arara Abadi

Dua heli PT Arara Abadi APP Sinar Mas bantu padamkan karhutla di perbatasan Bengkalis-Dumai

Dua heli PT Arara Abadi APP Sinar Mas bantu padamkan karhutla di perbatasan Bengkalis-Dumai (ANTARA/HO-)

Pekanbaru (ANTARA) - Dua helikopter milik PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha dari APP (Asia Pulp & Paper) Sinar Mas jenis Superpuma dan Jenis Bell 412, pada Rabu (19/4) ikut membantu memadamkan dua karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang saling berdekatan di perbatasan Bengkalis dan Dumai.

Kedua lokasi karhutla tersebut berjarak 6-7 km dari konsesi PT SPM (Sakato Pratama Makmur) dan PT BBHA (Bukit Batu Hutani Alam) yang merupakan perusahaan mitra pemasok dari APP Sinar Mas yang berada di perbatasan Kabupaten Bengkalis-Kota Dumai, tepatnya di Desa Tj. Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis.

Selain menurunkan tim RPK/TRC (Regu Pemadam Kebakaran/Tim Reaksi Cepat) udara yaitu tim Patrol dan Water Bombing, PT Arara Abadi juga bersama PT SPM dan PT BBHA menerjunkan 40 personil untuk ketiga perusahaan di antaranya, Tim TRC PT Arara Abadi, RPK PT SPM dan PT BBHA, Karyawan Perusahan, serta MPA (Masyarkat Peduli Api) binaan Perusahaan yang bergabung dengan Tim TNI/Polri serta Manggala Agni serta masyarakat yang diperkirakan berjumlah 20 orang lebih.

Menurut FOM (Fire Operational Management) Head PT Arara Abadi - APP Sinar Mas PriyoSUtomokepada media menyampaikan api terdeteksi dari hasil laporan masyarakat kepada Fire Marshal PT SPM dan BBHA pada Selasa malam (18/4).

"Kita perkirakan jarak dari konsesi milik Mitra APP sekitar 7 km, maka kita turunkan Heliuntuk memantau sekaligus melakukan size up (melihat dan menganalisa kondisi lokasi karhutla) dan memastikan jarak ke konsesi PT SPM dan BBHA. Setelah itu kita melaporkan kepada Pimpinan kita dan juga kepada Satgas Karhutla (BPBD) Riau melalui Humas perusahaan kita," katanya.

Berdasarkan arahan dan perintah pimpinan serta permintaan dari Satgas Karhutla Riau, perusahaan kembali menurunkan satu Heli Water Bombing Jenis Superpuma dengan melakukan 31 kali water bombing.

"Pagi ini kita juga menurunkan kembali sebanyak 2 regu (20 orang) tim RPK darat kita untuk ikut membantu pemadaman dan pendinginan di titik api," sebut Priyo Kamis.

Menurut laporan dari tim darat, api sudah agak mulai mengecil dikarenakan juga tadi malam hujan lumayan lebat di kedua lokasi tersebut, mudah-mudahan api segera padam total.

Sementara itu salah satu tim pemadam dari TNI dari Koramil 05 Bukit Batu Kodim 0303 Bengkalis Serma Sayuti memberikan apresiasi kepada PT SPM yang telah ikut serta membantu memadamkan Karhutla di Desa Tj. Leban.

”Saya mengucapkan terimakasih kepada PT SPM yang telah membantu pemadaman. Kita harap sinergitasantara perusahaan dan TNI serta masyarakat guna menanggulangi karhutla," pungkas Sayuti.