Polda Riau adakan lomba Dai Kamtibmas, Polres Rohil jadi juara

id Polda Riau ,Dai Kamtibmas

Polda Riau adakan lomba Dai Kamtibmas, Polres Rohil jadi juara

Kapolda Riau dan Gubernur Riau saat memberikan piala pada pemenang Dai Kamtibmas (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Polres Rokan Hilir menjadi juara pertama dalam perlombaan Dai Kamtibmas yang dilakukan oleh Polda Riau pada kegiatan Semarak Ramadhan 1444 Hijriah.

Iqbal Hamzah Dalimunthe sebagai Dai Kamtibmas tampil memukau dan berhasil menghipnotis para juri profesional pada perlombaan ini. Ia memperoleh nilai 89,6 Poin.

Sedangkan juara dua ditempati oleh Polres Rokan Hulu dengan nilai 89 poin. Imanuddin Maulana Lubis juga mampu menghipnotis juri sehingga tampil maksimal di atas panggung.

Untuk juara tiga disabet oleh Polres Kuantan Singingi dengan memperoleh poin 88,3 poin.

Sedangkan untuk juara Kasidah, Polres Siak mampu mengalahkan 10 kontestan Polres lainnya. Juara dua diperoleh oleh Polres Dumai dan posisi ketiga diperoleh oleh Polres Pelalawan.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal usai kegiatan menyebut bahwa kegiatan tersebut sengaja ditaja oleh pihaknya dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1444 H. Sekaligus menjadi bagian dari Operasi Tertib Ramadan, dengan mengedepankan pendekatan secara keagamaan.

Melalui lomba tersebut, Iqbal juga ingin membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Polri di Polres-Polres yang memiliki akhlak yang baik.

"Saya menginisiasi audisi di setiap Polres. Personel yang memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi Dai Kamtibmas. Itu penting untuk memberikan imbauan di tempat ibadah, khususnya masjid. Sehingga lebih mengena dalam mengajak masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan pendekatan agama dan ibadah," tutur Iqbal.

Lanjutnya, kegiatan tersebut juga sekaligus menyampaikan bahwa sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat, polisi layak untuk ditauladani.

"Untuk lomba qasidah, qasidah itu seni sekaligus mengajak pesan keagamaan. Alhamdulillah Forkopimda hadir dan melihat tim saya bergembira. Sekaligus merasakan kesejukan Ramadan. Doakan ini membawa berkah untuk Bumi Lancang Kuning," pungkasnya.