Polres Kepulauan Meranti tertibkan pengguna knalpot bising

id Polres kepulauan meranti, kenalpot bising

Polres Kepulauan Meranti tertibkan pengguna knalpot bising

Petugas Satlantas Polres Kepulauan Meranti menertibkan knalpot brong yang digunakan salah seorang pengendara di Selatpanjang, Rabu (14/12/2022). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Kepulauan Meranti (ANTARA) - Petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, melakukan penertiban terhadap pengguna sepeda motor dengan knalpot bising atau biasa dikenalbrong di Selatpanjang, Rabu, karena meresahkan dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

Dalam razia penertiban itu, petugas mendapati tiga pengendara motor yang menjadi sasaran. Mereka terjaring di saat belasan personel berjaga-jaga di sejumlah sudut keramaian di Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Meranti itu.

"Razia yang kita lakukan ini dalam rangka Operasi Pekat Lancang Kuning 2022. Makanya, personel kita turunkan untuk patroli sebagai upaya mengantisipasi pemakaian knalpot brong yang mengganggu kenyamanan masyarakat," ujar Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG melalui Kasat Lantas AKP Boy Setiawan.

Selama ini banyak warga mengeluhkan pengguna sepeda motor dengan kenalpot bising karena suaranya mengganggu dan membuat resah pengguna kendaraan lainnya.

Razia dengan cara berpatroli ini, sebut Kasat Lantas, juga bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas, terutama di Kota Selatpanjang.

Di samping itu, pihaknya juga mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kita minta pengendara menggunakan kelengkapan kendaraan yang standar. Kemudian, berkendaralah dengan berhati-hati dan selalu menggunakan helm. Tapi yang paling utama, patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas," imbau Kasat Lantas.

Selain penertiban pengguna kenalpot bising, Polres Kepulauan Meranti juga melakukan razia penyakit masyarakat lainnya seperti peredaran minuman keras, penggunaan narkoba, perjudian dan potensi kejahatan lainnya menjelang Natal dan Tahun Baru.