Kapolres Kepulauan Meranti dan Forkopimda tingkatkan sinergitas dan netralitas

id Polres Meranti

Kapolres Kepulauan Meranti dan Forkopimda tingkatkan sinergitas dan netralitas

Kapolres Kepulauan Meranti usai membahas sinergitas dan netralitas dengan Forkopimda.(ANTARA/HO-Polres Meranti)

Polres Meranti (ANTARA) - Dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan menghadiri acara ngopi bersama Forkopimda di Selatpanjang, Kamis malam (10/10).

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat daerah, termasuk Ketua DPRD Kepulauan MerantiKhalid Ali, Danramil Tharman, Danposal Saidul Arifin, Kasi Intel Kejari Dodyansah, dan Ketua KPU MerantiKatmuji, serta pejabat terkait lainnya.

Acara coffee night ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam menghadapi tantangan pilkada yang akan datang, sekaligus menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kepulauan Meranti.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kepulauan Meranti Roni Rakhmat menekankan pentingnya keterbukaan informasi dan koordinasi yang baik antar pihak terkait untuk menghadapi potensi hambatan yang mungkin terjadi selama proses pilkada.

“Kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah dan Forkopimda sangatlah penting. Kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk menyukseskan Pilkada ini. Oleh karena itu, kita harus saling berbagi informasi dan menyusun strategi bersama agar berbagai tantangan di lapangan dapat diantisipasi dengan baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, AKBP Kurnia berharap agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Ia juga mengingatkan ASN dan honorer untuk tetap menjaga netralitas selama pemilihan, agar tidak terpengaruh oleh isu-isu yang beredar di masyarakat.

Baca juga: Kepala Imigrasi Selatpanjang silaturahmi ke Polres Meranti, ajak jaga kamtibmas bersama

"Kita ingin memastikan bahwa pesta demokrasi tahun 2024 berjalan aman, tertib, dan kondusif. Keterlibatan semua pihak sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini,” ungkapnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta dalam menciptakan lingkungan yang aman menjelang pilkada.

"Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menjaga ketertiban. Kami berharap semua dapat bersatu untuk menolak segala bentuk provokasi yang dapat mengganggu keamanan,” lanjutnya.

AKBP Kurnia menilai kehadiran Polri bukan hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendengarkan aspirasi warga dan membangun kemitraan yang lebih erat.

“Dengan pendekatan humanis, kami ingin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Kehadiran kami di sini adalah untuk memastikan masyarakat merasa aman dan terlindungi,” pungkas Kurnia.

Baca juga: Penerimaan logistik Pilkada 2024 di Kepulauan Meranti dikawal ketat polisi