Dinas PUPR Provinsi Riau anggarkan Rp20 miliar perbaiki lintasan Tour de Siak

id Dinas PUPR- PKPP Riau

Dinas PUPR Provinsi Riau anggarkan Rp20 miliar perbaiki lintasan Tour de Siak

PUPR-PKPP) Riau berupaya perbaiki lintasan Tour de Siak tahun 2022 dengan anggaran Rp20 miliar. Antara/HO-Humas PUPR-PKPP Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau berupaya memperbaiki lintasan Tour de Siak tahun 2022 dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar.

"Kita sudah siapkan anggaran sebesar Rp20 miliar di UPT I Dinas PUPR-PKPP Riau untuk pendukung ruas-ruas lintasan Tour de Siak, dan sekarang sedang dalam pengerjaan fisik proyek lintasan tersebut," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan, di Pekanbaru, Jumat.

Arief Setiawan mengatakan, lintasan Tour de Siak akan melintasi tiga daerah, yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru. Salah satu jalan lintasan Tour de Siak yang tengah diperbaiki adalah jalan Paus, Rumbai, Pekanbaru.

Salah satu perbaikan yang sudah dikerjakan, katanya, adalah jalan provinsi di jalan Paus, Pekanbaru, yang hanya tinggal diaspal lagi.

"Artinya semua jalan provinsi yang menjadi pendukung Tour de Siak terus kita maksimalkan agar para pembalap bisa mengaspal dengan lancar," katanya.

Tour de Siak merupakan salah satu agenda pariwisata Provinsi Riau. Untuk Tour de Siak tahun 2022, berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, sedikit sudah lima tim luar negeri dan delapan tim lokal (nasional) yang mendaftar Tour de Siak 2022.

Dinas Pariwisata Provinsi Riau mencatat bahwa sampai saat ini sudah 13 peserta yang mendaftar Tour de Siak. Lima peserta diantaranya dari luar negeri Singapore National Team, Go For Gold Filipina dan tim dari Bruney Cycling Brunei. Selain itu dua tim lain asal Malaysia adalah Team Sapura dan Trengganu Polygon Cycling.

Sedangkan delapan tim dari dalam negeri yang mendaftar diantaranya, Ponti Wijaya Racing asal Kalimantan Barat, Kelapa Gading Bikers asal Jakarta dan BSP Siak Riau asal Riau. Selanjutnya ada Nusantara Cycling asal Yogyakarta, Roojai Cycling dan ASC Monster dari ibu kota DKI Jakarta.

Selanjutnya, dua tim lainnya dari DR.J Cycling Team asal Jawa Tengah dan Liberta Cycling Team asal Jawa Barat. Seluruh tim mendaftar ke panitia dan siap mengikuti Tour de Siak.