50 pejabat Dumai ikuti capasity building, warga minta tak hambat pelayanan

id Sekda Dumai, capasity building Dumai

50 pejabat Dumai ikuti capasity building, warga minta tak hambat pelayanan

Sekda Dumai Indra Gunawan. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai melaksanakan kegiatan Capasity Building Internal atau peningkatan kapasitas ASN ke Provinsi Sumatera Barat, dimulai sejak Selasa 18 Oktober 2022 hingga akhir pekan ini, dengan diikuti pejabat mulai level walikota hingga kepala bagian.

Sejumlah warga menilai hendaknya kegiatan ini tidak menghambat pelayanan publik dan tetap mengedepankan penanganan persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, seperti kelangkaan gas elpiji 3 kilogram dan banjir akibat rob atau curah hujan.

Warga mempertanyakan tujuan dari kegiatan yang diikuti puluhan pejabat daerah ini, dan meminta jangan sampai meninggalkan tanggung jawab dalam melayani kepentingan dan administrasi pelayanan publik.

"Kita gak tau apa kegiatan itu. Tapi yang perlu sama kami bagaimana gas tiga kilo mudah didapat dan harga harga bahan pokok terkendali. Harusnya ada rasa peka dan lebih mengutamakan pelayanan ke masyarakat daripada pergi keluar kota meski tujuan baik," kata Warga Kecamatan Dumai Selatan Alwin, Jumat.

Informasi dihimpun, kegiatan capasity building internal Pemerintah Kota Dumai dimulai pada Selasa 18 Oktober 2022 hingga akhir pekan ini. Dari tentatif disebar Dinas Kominfo Dumai, Capasity building ini diikuti walikota, sekretaris daerah, para asisten, para tenaga ahli, kepala organisasi perangkat daerah dan kepala bagian di sekretariat daerah.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan mengatakan bahwa kegiatan capasity building ini di dalamnya ditambah kegiatan spritual keagamaan, seperti ceramah agama, sholat berjamaah serta out bound. Tujuan dari kegiatan diikuti 50 pejabat daerah selama tiga hari ini untuk memberi pencerahan kepada jajaran pemerintahan.

"Kita ini hidup hanya sebentar. Berikanlah pengabdian yang terbaik. Kegiatan ini untuk membangun kerjasama tim dan menghilangkan gap-gap antar organisasi perangkat daerah agar hubungan baik dan bisa mewujudkan visi misi Wako," kata Sekda Indra.

Terkait pelayanan pemerintah, Mantan Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bengkalis ini mengklaim tidak ada kendala karena untuk pelayanan administrasi sekarang sudah banyak secara online.

Indra menambahkan, agenda capacity building internal Pemkot Dumai ini bukan kegiatan baru, dan banyak juga dilaksanakan oleh pemerintah daerah lain. Seperti di daerah Jawa, bahkan dilakukan oleh masing masing satuan kerja.

Terkait anggaran untuk kegiatan ini, Sekda Indra enggan menjawab dan hanya menyebut bahwa untuk menekan biaya dengan memilih lokasi terdekat dan menggunakan bus.