Elpiji langka, Pemkot Dumai bentuk Satgas Operasi Pasar

id Gas elpiji Dumai, Sekda Dumai

Elpiji langka, Pemkot Dumai bentuk Satgas Operasi Pasar

Arsip foto. Distribusi elpijibdi Kota Dumai. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Kekosongan elpiji ukuran 3 kilogram di pangkalan resmi di Kota Dumai masih dirasakan warga sehingga pemerintah diminta cepat tanggap mengatasinya mengingat kondisi ini sudah dirasakan hampir dua pekan.

Warga Kelurahan Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan Nurhayati menilai kelangkaan gas 3 kg ini sangat menyulitkan ibu rumah tangga dalam menyiapkan masakan di rumah.

"Kita harap ada solusi cepat karena sudah cukup lama stok gas tiga kilo ini kosong di pangkalan. Demi mendapatkan gas ini kita rela berkeliling dan antri," kata Nurhayati.

Menyikapi kelangkaan dan terjadinya antrean elpiji 3 kg ini, Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan instruksikan organisasi perangkat daerah terkait untuk segera mengambil langkah dan solusi mengantisipasi masalah pendistribusian elpiji di masyarakat dan termasuk melaksanakan operasi pasar.

"Ini terjadi karena tidak tepat sasaran di masyarakat, kita akan bentuk satuan tugas untuk operasi pasar, karena kita tahu ini akibat ulah oknum, dan akan kita beri sanksi," kata Sekda Indra, Selasa.

Pemerintah juga akan memasang pengumuman di semua pangkalan gas elpiji bahwa peruntukkan hanya untuk masyarakat menengah ke bawah dengan dibuat kartu kendali nantinya bagi rumah tangga kurang mampu.

Perwakilan Pertamina Sales Manager Riau Yodha menyebutkan bahwa pihaknya telah menjalankan regulasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina.

Dijelaskan, rata-rata penyaluran sudah sesuai kuota ditetapkan, dan diakui memang adanya lonjakan konsumsi gas elpiji karena harga BBM bahan bakar minyak untuk non subsidi sudah melonjak.

"Estimasi untuk penyaluran sudah over dan Pertamina yang akan menanggung selisih harga, kami juga butuh pendampingan untuk mengawal dan mengadakan sidak. Kami berharap dinas terkait untuk membentuk satgas khusus terhadap pemakaian berlebihan," kata Perwakilan Pertamina Pemasaran Yodha.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022