Konsisten dukung Pendidikan, Sekda Dumai apresiasi Apical dan TF

id Tanoto, apical, sekda dumai

Konsisten dukung Pendidikan, Sekda Dumai apresiasi Apical dan TF

Sekda Dumai Indra Gunawan melihat stand Apical Group dalam expo literasi pada Kamis kemarin. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan, mengapresiasi dukungan Tanoto Foundation bersama Apical Group dalam menjadi peserta dan mengisi stand Expo Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Daerah. Dalam acara tersebut, mereka memperagakan berbagai buku dan karya pelajar serta guru.

Kepedulian terhadap dunia pendidikan yang ditunjukkan oleh Apical dan Tanoto Foundation ini dinilai Sekda Indra sebagai bukti kehadiran investasi yang membawa banyak manfaat bagi daerah dan masyarakat sekitar dalam memajukan kualitas sumber daya generasi muda pelajar.

"Sangat baik sekali kegiatan expo literasi ini untuk memancing minat baca anak-anak kita. Kita sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang peduli dengan dunia pendidikan, khususnya Apical dengan Tanoto Foundation yang terus konsisten memajukan kualitas pembelajaran dan pendidikan di Dumai," kata Sekda Indra pada Kamis (20/7).

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan bahwa perhatian Apical Group, perusahaan ekspor CPO terkemuka, terhadap dunia pendidikan diharapkan dapat menjadi contoh bagi investor lain dalam mendorong peningkatan minat baca melalui pemenuhan buku sebagai bahan bacaan bagi pelajar, baik di sekolah maupun di pojok baca.

Selain itu, kepedulian Apical Group di Dumai juga terlihat melalui intensifikasi dukungan Tanoto Foundation dalam pembelajaran siswa serta pengetahuan para guru. Mereka juga mendorong minat baca dengan menyediakan pojok baca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kecamatan Sungai Sembilan Dumai.

Tak hanya itu, Apical Group juga telah menyatakan kesiapannya dalam membangun gedung sekolah baru SDN 01 yang berlokasi di sekitar operasional PT Sari Dumai Sejati di Kelurahan Lubuk Gaung. Selain itu, mereka juga akan membangun rumah dinas Camat Sungai Sembilan dan kantor Lurah Sungai Geniot.

"Kepedulian Apical Group Dumai terhadap pendidikan dan infrastruktur umum tidak kita ragukan lagi, karena selain upaya meningkatkan minat baca, mereka juga memperhatikan anak-anak tempatan yang kurang mampu dan berprestasi untuk dapat bersekolah dengan layak. Ditambah lagi, rencana merelokasi gedung SD untuk kenyamanan dan keselamatan pelajar," ujar Sekda Dumai Indra Gunawan.

Literasi atau kemelekan merupakan istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Koordinator Tanoto Foundation Distrik Kota Dumai, Theo Lubis, menjelaskan bahwa keikutsertaan TF dalam Expo Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Daerah Dumai dikarenakan sebagai yayasan fokus pendidikan, mereka akan memamerkan hasil karya dan keterampilan yang dibuat oleh anak peserta didik sekolah. Beberapa di antaranya adalah majalah dinding, puisi, live book, poster, dan alat peraga sederhana untuk belajar.

"Kehadiran kita dalam stand expo literasi ini dikarenakan yayasan pendidikan Tanoto fokus pendidikan diundang dan kita juga membawa sejumlah hasil karya dari para guru seperti pohon literasi, big book, dan alat peraga belajar dengan memanfaatkan barang bekas menjadi gambar untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran di kelas," kata Theo.

Theo juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan mendukung dunia pendidikan di Dumai, TF telah melakukan pendampingan kepada 24 mitra sekolah dasar dan menengah pertama, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.