Andi Derma Taufik gantikan almarhum James Pasaribu

id PDI-P Riau, PAW James, DPRD Riau, almarhum james

Andi Derma Taufik gantikan almarhum James Pasaribu

Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Sugeng Pranoto mengatakan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Riau Almarhum James Pasaribu sudah dibicarakan di internal partainya. Adapun penggantinya merupakan Andi Derma Taufik.

"Pak Andi Derma Taufik nomor urut setelah Almarhum Bapak James Pasaribu, secara internal sudah kita bicarakan proses PAW ini," kata Sugeng Pranoto di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan prosesnya harus menunggu 40 hari kepergian kader senior PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Indragiri Hilir tersebut.

"Secara surat menyurat menunggu 40 hari meninggalnya kader terbaik PDI-P Bapak James Pasaribu," kata dia.

Sugeng mengatakan alasan pihaknya menggesa PAWitu juga tidak terlepas dari desakan masyarakat yang merupakan konstituen di daerah pemilihan yakni Kabupaten Inhil.

"Karena juga masyarakat atau konstituen yang di daerah pemilihan menginginkan agar ada yang melanjutkan perjuangan aspirasi mereka setelah pak James berpulang.

Terutama soal bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi," ucap dia.

Proses PAW Almarhum James Pasaribu nantinya melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gubernur, Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ia menjelaskan, harus ada rekomendasi dari KPU, KPU masuk ke DPRD, terus semua itu dikawal oleh partai.

"Terus juga ada rekomendasi dari partai, memang itu (Andi) yang menjadi PAW. KPU nanti menyurati ke partai. Bahwa nomor urut yang berhak itu, Andi. Kalau partai tidak menyetujui, KPU akan mengubah. Tapi Insya Allah partai menyetujui," kata dia.

"Tembusannya nanti ke partai, terus ke DPRD, DPRD nanti ke gubernur, gubernur ke Mendagri. Dari Mendagri keluarlah rekomendasi untuk jadwal pelantikan di DPRD sini," tambah dia.

Anggota DPRD Riau James Pasaribu dari Fraksi PDI Perjuangan, daerah pemilihan Indragiri Hilir itu meninggal pada, Sabtu 3 September 2022, sekitar pukul 15.30 WIB di Pekanbaru. Jenazah James dikebumikan di Tembilahan.