Targetkan 358 ribu, Pekanbaru luncurkan penggunaan QRIS

id Targetkan,358 ribu, Pekanbaru, luncurkan, penggunaan,QRIS,di dua, pasar, tradisional,dan, satu, mall

Targetkan 358 ribu, Pekanbaru luncurkan penggunaan QRIS

BI Riau bersama Pemko Pekanbaru melaunching S.I.A.P QRIS di Pusat Perbelanjaan Living World, Pasar Bawah dan Pasar Dupa Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau luncurkan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam transaksi, di dua pasar tradisional yakni Dupa dan Pasar Bawah serta satu pusat perbelanjaan Pekanbaru guna menggenjot target 358 ribu tahun 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Muhamad Nur menjelaskan, BI menargetkan ada tambahan sebanyak 15 juta pengguna/user baru QRIS di seluruh Indonesia tahun 2022.

"Kalau di Riau, kita ditargetkan sebanyak 358 ribu pengguna baru dan hingga Juni lalu persentasenya sudah 60 persen lebih, kita harapkan sampai akhir tahun ini target tersebut bisa tercapai," kata Muhamad Nur di Pekanbaru, Ahad.

Dikatakan dia, untuk mencapai target itu BI Riau bekerjasama dengan banyak pihak seperti perbankan, pengelola pusat perbelanjaan, pengelola pasar, sekolah, komunitas, penyedia jasa pembayaran Grab maupun Gojek serta yang lainnya.

Makanya kata dia, BI mengajak semua untuk menggunakan QRIS, selain cepat mudah dan aman, juga mendorong digitalisasi dan dengan menggunakan QRIS juga bagian dari upaya kita mendukung kelancaran sistem pembayaran dan ini akan ikut mendorong pembangunan di Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

"Di Living World ini saja contohnya, tadi pengelola bilang sudah 50 persen tenant menggunakan QRIS. Kemaren saya coba di jalan Arifin Achmad, pusat-pusat kuliner disana juga sudah pakai QRIS," sebut M Nur.

Dalam kesempatan tersebut, BI Riau bersama Pemko Pekanbaru juga meluncurkan Pasar dan Pusat Perbelanjaan S.I.A.P QRIS yaitu Pusat Perbelanjaan Living World, Pasar Bawah dan Pasar Dupa Pekanbaru.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina mengapresiasi, upaya yang sudah dilakukan BI Riau selama ini dalam memperkenalkan QRIS di masyarakat.

"Terima kasih kepada BI yang telah membantu mempermudah sistem pembayaran bagi masyarakat khususnya di Kota Pekanbaru," ujarnya singkat.