KPU dan Bawaslu Riau samakan persepsi sukseskan Pilkada serentak

id Kpu pekanbaru, bawaslu riau, pilkada riau

KPU dan Bawaslu Riau samakan persepsi sukseskan Pilkada serentak

KPU dan Bawaslu Riau gelar pertemuan samakan persepsi sukseskan Pilkada serentak, Pekanbaru, Rabu (10/8/2022). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Seiring dimulainya tahapan Pemilihan umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyamakan persepsi guna suksesnya pesta demokrasi tersebut.

Untuk mendapatkan pemahaman yang sama, dan tidak menimbulkan perbedaan pandangan yang ekstrim, maka KPU Riau dan Bawaslu Riau melaksanakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada Rabu (10/8).

"Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menyamakan pemahaman terkait substansi dari PKPU 4 tahun 2022," kata

Ketua KPU Riau Ilham Yasir.

Dikatakan Ilham, tentu penyelenggara Pemilu perlu melakukan koordinasi intensif seperti ini. Ada kalanya KPU Riau yang berkunjung ke Bawaslu Riau, ada pula gilirannya Bawaslu Riau yang anjangsana ke KPU Riau.

"Semua kita lakukan untuk menyukseskan tahapan yang sedang berlangsung", ujar Ilham Yasir.

Sementara Joni Suhaidi selaku Ketua divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilu KPU Riau memaparkan tentang PKPU 4/2022. Kemudian forum diteruskan dengan dialog yang interaktif antara KPU Riau dan Bawaslu Riau.

Kata dia, tahapan paling awal telah dibuka pada 14 Juni 2022, saat ini penyelenggara Pemilu, khususnya KPU sedang melaksanakan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu DPR dan DPRD.

"Untuk pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu dilangsungkan di kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat," katanya.

KPU RI telah menerbitkan PKPU 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, Verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu DPR dan DPRD.