Tenaga pendidik dan peserta didik harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi

id Bupati Meranti Adil ,Era Society 5.0,Fakultas ilmu komunikasi universitas Umri ,Dinas Pendidikan Meranti

Tenaga pendidik dan peserta didik harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil memberikan pemaparan dalam Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Mengunakan Canva, di Gedung Afifa Lantai II, Selatpanjang, Senin (1/8/2022). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan MerantiMuhammad Adil meminta para tenaga pendidik dan peserta didik cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini.

Sebab di era Society 5.0, dunia pendidikan diharuskan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Di era ini, tenaga pendidik dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, adaptif, terampil, produktif dan kompetitif.

"Tenaga pendidik didorong untuk lebih aktif sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran kepada peserta didik. Mereka harus mampu menguasai berbagai keterampilan, serta spesialisasi," ujar Adil dalam kegiatan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran MengGunakan Canva, di Gedung Afifa Lantai II, Selatpanjang, Senin.

Menurutnya peran tenaga pendidik sangat strategis dan penting dalam upaya meningkatkan SDM di Indonesia khususnya di Meranti agar tidak terus tertinggal dari negara lain.

Pendidikan pada hakIkatnya, lanjut dia, adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan skill yang berlangsung seumur hidup, baik internal maupun eksternal sekolah.

"Semoga kita semua mampu menciptakan SDM yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman. Sebab ini upaya mempersiapkan SDM unggul di Kabupaten Kepulauan Meranti," beber Bupati Adil.

Sebelumnya, ia menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sebagai penginisiasi kegiatan pelatihan Aplikasi Canva bagi guru SD/SMP bersertifikasi se-Kepulauan Meranti. Tak terlepas juga bagi pihak Fakultas Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) yang ikut bekerjasama.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas UMRI, Jayus mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mempersiapkan sumber daya guru unggul di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menyongsong era Society 5.0.

"Pada prinsipnya kami atas nama Universitas Muhammadiyah siap jika diajak bermitra. Ini adalah sebagai bentuk implementasi MoU yang pernah kita lakukan beberapa waktu lalu ke pak bupati," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdikbud Kepulauan Meranti, Suardi menuturkan kegiatan work shop ini tentang komunikasi bagaimana guru-guru bisa menggunakan ilmu teknologi dalam mendesain, baik itu bersifat video maupun teknologi melalui aplikasi Canva.

Adapun tenaga pendidik atau para guru yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 897 orang. Pada gelombang pertama ini diikuti oleh 199 orang.

"Kita membagi beberapa gelombang karena tidak dapat dilaksanakan secara keseluruhan. Untuk itu, saya berharap kepada semua peserta bisa mengikutinya dengan seksama dan pelajari dengan fokus," pinta dia.