Bupati Meranti hanya lantik 13 pejabat saja, sisanya belum layak

id Pelantikan pejabat eselon II Pemkab Meranti ,Pejabat hasil PTP Meranti dilantik ,Bupati Meranti Adil

Bupati Meranti hanya lantik 13 pejabat saja, sisanya belum layak

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil melantik 45 pejabat di bawah jajarannya di Aula Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (11/7). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Kemudian ada juga yang tidak dilantik sebab belum memenuhi keinginan saya. Nilai mereka itu masih di bawah standar saya,
Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil, Senin, kembali melantik 45 pejabat di bawah jajarannya. Ada belasan pejabat hasil assesmen Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) yang dikantonginya usai dilakukan seleksi dari 22 formasi yang dibuka.

Sebanyak 45 pejabat tersebut terdiri dari 13 pejabat PTP atau eselon II, serta 23 pejabat eselon III dan 9 pejabat eselon IV yang berposisi sebagai administrator dan pengawas.

Meski sudah ada 13 pejabat eselon II yang dilantik, namun untuk mengisi 22 formasi terbuka jabatan PTP di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti masih kurang. Padahal ada 30 orang nama pejabat yang masuk tiga besar hasil dari penilaian panitia seleksi (pansel) PTP.

Bupati Adil tidak menyangkal jika sejumlah pejabat hasil asesmen PTP belum dilantik karena dinilai belum layak untuk menempati jabatan tersebut. Selain itu, ada yang mendekati masa pensiun dan belum mendapat rekomendasi dari Gubernur Riau.

"Ada beberapa masih ditunda. Kemudian ada juga yang tidak dilantik sebab belum memenuhi keinginan saya. Nilai mereka (yang masuk 30 besar dan tak dilantik) itu masih di bawah standar saya," ujarnya, usai pelantikan.

Meski begitu, mantan Anggota DPRD Riau itu menegaskan akan kembali membuka seleksi sejumlah jabatan yang belum diisi oleh pejabat definitif. Ia menargetkan asesmen PTP tahap kedua terhadap sejumlah jabatan dan yang belum dilelang dilakukan pada Oktober mendatang.

"Saya itu mencari orang yang merealisasikan tujuh program strategis saya. Ke depan kita mau ada keikutsertaan pejabat dari luar. Kemarin, seluruh pesertanya semua dari pejabat daerah saja," tutur Adil.

Lebih jauh, ia berharap kepada seluruh pejabat yang baru dilantik bisa menjadi motor penggerak untuk menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermartabat. Pelantikan tersebut juga bukan yang terakhir, karena pejabat yang baru dilantik akan terus dievaluasi secara berkala sesuai dengan aturan dan ketentuan.

"Walaupun dilantik hari ini, bisa saja besok diturunkan lagi. Oleh karena itu saya minta pejabat yang dilantik bisa langsung bekerja. Jangan sampai, sudah dilantik malah tak bekerja," ingat Bupati Kepulauan Meranti itu.

Dapat disampaikan pula, pelantikan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto, Asisten I Setdakab, Irmansyah dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Meranti.