Lebih 100 lampu jalan bakal diganti jelang Festival Pacu Jalur

id Kuantan Singingi,Teluk Kuantan,Festival pacu jalur

Lebih 100 lampu jalan bakal diganti jelang Festival Pacu Jalur

Kepala Dinas Perhubungan Kuansing Marhumala (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan SingingiMarhumala P menyebutkan ada berkisar 100 titik lampu penerangan jalan akan diganti jelang Festival Pacu Jalur (FPJ) di Kota Teluk Kuantan 2022.

"Ratusan titik lampu itu ada yang rusak, mati dan harus diganti secepatnya," katanya di Teluk Kuantan, Kamis.

Untuk memastikan itu, petugas Dishub Kuansing akan survei sejumlah lokasi mulai Kamis (7/7). Setelah itu, langsung melakukan perbaikan dengan menggunakan dana APBD 2022.

Proses pelaksanaan pemeliharaan dan penggantian lampu diperkirakan memakan waktu maksimal dua minggu. Dan, pekerjaan itu akan dilaksanakan oleh pihak ketiga dengan harapan pada saat jelang FPJ semua sudah selesai.

"Sebab, jalan lintas kabupaten harus terang benderang saat ivenseni budaya berjalan. Dan, langkah mengurangi terjadinya lakalantas pada malam hari," ujarnya.

Selain itu, pada saat acara FPJ pihak DishubKuansing juga akan menata pengelolaan parkiran baik lokasi, petugas bahkan termasuk besaran retribusi kendaraan roda dua hanya Rp5.000 dan kendaraan roda empat Rp10.000.

Saat ini, Peraturan Bupati (Perbup) perparkiran sedang di usulkan, jika selesai akan dikirim ke kecamatan hingga ke tingkat desa sehingga penerapannya berjalan baik.

Petugas juga akan mengatur terkait atribut dan tanda pengenal petugas parkir agar tidak menimbulkan masalah baru di tengah masyarakat.