Ukraina, Rusia telah lakukan pertukaran tahanan terbesar

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Ukraina

Ukraina, Rusia telah lakukan pertukaran tahanan terbesar

Arsip - Tawanan perang Ukraina bersiap untuk ditukarkan dengan anggota separatis pro-Rusia di dekat desa Zholobok, kawasan Luhansk, Ukraina timur, Sabtu (21/2). Presiden Rusia Vladimir Putin melalui telekonferensi bersepakat dengan kepala negara Perancis, Jerman, dan Ukraina untuk menggunakan pengaruhnya terhadap separatis untuk memulai pertukaran tawanan dengan Ukraina, kata seorang juru bicara Jerman 19 Februari lalu. Keempat kepala negara itu sepakat untuk mengimplementasikan kesepakatan Minsk pekan lalu mengenai gencatan senjata di Ukraina meskipun adanya pelanggaran serius, kata juru bicara Steffen Seibert. (REUTERS/Igor Tkachenko)

Kiev (ANTARA) - Ukraina dan Rusia telah melakukan pertukaran tahanan dengan jumlah terbesar sejak konflik pada 24 Februari.

Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina dalam pernyataan di Telegram pada Rabu (29/6) yang dikutip Xinhua di Kiev menjelaskan sebanyak 144 warga Ukraina berusia 19 hingga 65 tahun telah kembali ke rumah berkat pertukaran tersebut.

Menurut direktorat itu, Rusia dalam pertukaran tersebut membebaskan 59 tentara Garda Nasional Ukraina, termasuk 43 orang dari resimen Azov yang bertempur mempertahankan pabrik baja Azovstal di Mariupol.

Sebagian besar warga Ukraina yang dibebaskan mengalami luka parah, ungkap badan tersebut.

Sebelumnya Ukraina dan Rusia mengadakan pertukaran pertama tahanan mereka pada 24 Maret.

Baca juga: Tahanan polisi menyerahkan diri setelah jalan kaki selama tiga bulan, lucuuu yaa!

Baca juga: Tahanan kasus narkoba nikahi kekasihnya di masjid