Tak bisa mengelak, aksi staf Bendahara Desa bongkar brankas di Bengkalis terekam CCTV

id polres,bengkalis,Polsek,Mandau

Tak bisa mengelak, aksi staf Bendahara  Desa bongkar brankas di Bengkalis terekam CCTV

LYD dan barang bukti uang sebesar Rp4 juta diamankan oleh jajaran Polsek Mandau setelah dilaporkan melakukan pencurian pada brankas desa tempat ia bekerja. (ANTARA/HO-Polsek Mandau)

Bengkalis (ANTARA) - Aksi pencurian membongkar brankas yang dilakukan oleh LYD (26) staf bendahara Desa Kantor Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, terekam kamera CCTV.

Akibat aksi tersebut LYD ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencurian uang sebesar Rp4 Juta dari brankas kantor desa dan terpaksa diinapkan di hotel prodeo.

Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko melalui Kapolsek MandauKompol Indra Lukman Prabowo mengatakan pelaku diamankan di kediamannya Jalan Pertanian, Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Jumat (8/4).

"Benar, Unit Reskrim Polsek Mandau telah menangkapsatu orang diduga pelaku pencurian uang khas desa yang berada di dalam brankas," kata Kapolsek ketika dikonfirmasi, Minggu (10/4).

Kasus ini sudah dibuatkan laporan polisi nomor LP/100/IV/2022/SPKT/RIAU/RES-BKS/Kepolisian Sektor Mandau, dilaporkan oleh Mashudi (34) yang merupakan pegawai kantor desa tersebut.

Kehilangan uang diketahui pada Jumat (8/4) sekira pukul 12.22 WIB.

Kejadian berawal sewaktu pelaku menanyakan apakah ruangan kades terkunci karena hendak menggunakan toilet yang ada di ruang tersebut.

Pelaku, juga pernah menjabat bendahara dari tahun 2018-2021, kemudian menjabat staf bendahara.

"Karena sering hilang duit di brankas (brankas hanya kunci kode tidak pakai kunci gembok), maka bendahara baru memasang CCTV, hingga akhirnyaketahuan pelaku mengeluarkan duit dari brankas," kata Kompol Indra Lukman Prabowo.

Uang yang ada di dalam brankas tepatnya di dalam map sebanyak Rp10.200.000 namun hilang atau berkurang sebanyak Rp4.000.000.

"Awalnya pelaku tidak mengakui perbuatannya, tapi setelah diperlihatkan hasil bukti rekaman CCTV dan dilakukan interogarsi persuasif terhadapnya, barulah pelaku mengakui perbuatannya. Kini, pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Mandau guna penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca juga: Terekam CCTV, seorang ibu gasak HP di Jalan Delima Pekanbaru

Baca juga: Pembobol kotak amal di masjid Tembilahan berhasil dibekuk terbantu rekaman CCTV