Pekanbaru nihil vaksin COVID-19 kedaluarsa, ini penjelasannya

id Riau, vaksin, covid-19, kedaluarsa

Pekanbaru nihil vaksin COVID-19 kedaluarsa, ini penjelasannya

Tim medis sedang mempersiapkan vaksin COVId-19, sebelum disuntikkan di Pekanbaru, Selasa (4/2/2022).ANTARA/Vera. (Vera lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan wilayahnya nihil vaksin COVID-19 kedaluarsakarena semua terpakai untuk masyarakat.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada vaksin COVID-19 kedaluwarsa untuk bulan Januari ini," kata Kepala Dinkes Pekanbaru dr Zaini Rizaldi di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengumumkan hal ini seiring adanya pernyataan Pemerintah Provinsi Riau menyebut ada puluhan ribu vaksin yang kedaluwarsa di kabupaten dan kota.

Zaini Rizaldi bahkan memastikan hampir seluruh vaksin COVID-19 yang diterima Pekanbaru disuntikkan kepada yang berhak. Hal ini terbukti tingginya realisasi vaksinasi di wilayah setempat yang hampir mencapai 100 persen.

Ia mengatakan, realisasi vaksinasi COVID-19 bagi semua masyarakat umum setempat sudah mencapai 98 persen melebihi target awal yang dipatok 70 persen pada akhir Desember 2021, termasuk vaksinasi lansia yang sudah 59,9 persen.

"Artinya sudah melebihi target nasional sebesar 70 persen dan lansia tinggal 0,01 persen lagi," katanya.

Diakuinya, Pekanbaru sering menerima pelimpahan vaksin dari kabupaten/kota, dan vaksin ini langsung digunakan tidak menunggu lama sebelum batas kedaluarsa.

Sebelumnya diberitakan .sebanyak 12.514 vaksin COVID-19 di Provinsi Riau expired atau kedaluwarsa dan tidak dapat digunakan lagi. Vaksin-vaksin tersebut telah habis masa penggunaannya pada Desember 2021 lalu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy di Pekanbaru, Selasa, mengatakan vaksin kadaluwarsa tersebut merupakan vaksin yang direkap dari delapan kabupaten di Provinsi Riau.

"Pengelolaan stok vaksinasi ada tiga, instalasi farmasi provinsi, instalasi farmasi kabupaten, dan Puskesmas. Kemudian direkap, mencapailah angka 12.514 yang sudah kedaluwarsa," jelasnya.

Baca juga: 12.514 vaksin di Pekanbaru kedaluwarsa

Baca juga: Riau nihil kasus COVID-19 di awal tahun