Dinkes Inhil ingatkan pemilik TPP peduli kebersihan

id Dinkes Inhil, food security, sosialisasi food security, leni rosita

Dinkes Inhil ingatkan pemilik TPP peduli kebersihan

Sosialisasi Food Security (Keamanan Makanan) yang digelar Dinas Kesehatan Inhil beberapa waktu lalu. (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Leni Rosita mengingatkan pentingnya keamanan dan kebersihan Tempat Pengolahan Pangan (TPP) bagi para pelaku usaha.

Menurutnya, hal itu harus menjadi perhatian penting agar produk yang dihasilkan terhindar dari risiko pencemaran.

“Para pelaku usaha harus paham tentang kesehatan lingkungan itu seperti apa, termasuk pemilihan bahan, pengolahan sampai penyajian,” ucap Leni Rosita kepada Antara, Selasa.

Dikatakan Leni, lingkungan pengolahan pangan yang buruk berpotensi mencemari makanan yang dihasilkan. Hal ini akan berdampak kepada kondisi kesehatan masyarakat.

“Gejala umum yang ditimbulkan adalah diare. Pada kasus berat bisa menyebabkan keracunan,” tegasnya.

Untuk itu, kata dia, pemilik tempat pengolahan pangan hendaknya faham syarat sanitasi tempat pengolahan pangan yang baik dan mampu mengolah makanan dengan tata cara yang benar.

Dia juga berharap agar pemilik TPP mampu menerapkan praktek persyaratan dan teknik pembersihan serta pemeliharaan ruangan di tempat pengolahan pangan agar terhindar dari resiko pencemaran.

Sebagai upaya mendorong pelaku usaha agar lebih peduli terhadap kesehatan lingkungan, Dinkes Inhil telah melakukan inspeksi kesehatan lingkungan di sejumlah tempat pengolahan pangan yang memproduksi makanan dengan ketahanan di bawah 7 hari. serta memberi pemahaman melalui sosialisasi Food Security (Keamanan Makanan) yang diikuti sejumlah pemilik Tempat Pengolahan Pangan (TPP) di daerah itu.