Kapolres Meranti minta Bhabinkamtibmas profesional dalam tugas

id Apel Akbar bhabinkamtibmas,polres meranti

Kapolres Meranti minta Bhabinkamtibmas profesional dalam tugas

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG saat mengecek kendaraan bermotor (ranmor) bhabinkamtibmas usai Apel Akbar Bhabinkamtibmas di halaman Mapolres setempat, Rabu (13/10). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG menginstruksikanBhabinkamtibmas harus profesional, modern, dan terpercaya dalam bertugas.

Penegasan itu disampaikan Kapolres Andi dalam Apel Akbar Bhabinkamtibmas di Mapolres setempat, Rabu (13/10) pagi.

Apel itu dihadiri Wakapolres Kompol Robet Arizal, perwakilan dari Dit Binmas Polda Riau, Kompol Agung Tri Adiyantodan Bripka Delpa, Kabag Ops Polres Kepulauan MerantiAKP Yudi Setiawan, dan personil lainnya.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Apel Akbar Bhabinkamtibmas Polda Riau yang di selenggarakan Polres Kepulauan Merantimerupakan perintah dari Kapolda Riau kepada Dir Binmas agar Bhabinkamtibmas mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan (skill) dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Karena Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa atau kelurahan tempat bertugas, serta Bhabinakmtibmas selalu hadir di tengah masyarakat dalam melaksanakan DDS (door to door system).

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga sebagai pemecah masalah sosial (social problem solving) dan deteksi dini yang terangkum dalam Perkap No 7 Tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas pengganti Perkap No 3 Tahun 2015 tentang Polmas.

"Jadi Bhabinkamtibmas ini fondasi yang kuat untuk menjalankan tugas pokok tersebut dan modal dasar untuk melakukan pendekatan sosial (social approach) seperti berkomunikasi yang di dalamnya dibekali dengan kemampuan bertanya, mengamati lingkungan sosial dan keluhan-keluhan masyarakat," terangnya.

"Hal itu bagian dari permasalahan sosial antara lain yang sering terjadi adalah Intoleransi beragama baik inter maupun antar umat beragama yang akan menjadi pemicu adanya konflik sosial," sebut Andi lagi.

Dalam kesempatan ini, dikatakan Kapolres Andi, ada beberapa penekanan yang harus dilaksanakan oleh Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polres yaitu tetap melaksanakan penegakan prosedur kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kegiatan testing, tracing dan treatment dengan sepenuh hati, serta menggelorakan kegiatan vaksinasi massal untuk mencapai herd immunity.

"Dalam melaksanakan kegiatan agar Bhabinkamtibmas melaporkan melalui aplikasi dashboard Lancang Kuning, BSR, Bos V2, yang langsung dimonitor oleh Mabes Polri, Polda Riau dan Polres. Sehingga diharapkan dengan tingginya kinerja Bhabinkamtibmas menjadi kredit poin tersendiri untuk mendapatkan perhatian dan reward dari pimpinan," katanya.

Meski begitu, pimpinan sangat bangga dan berterimakasih atas kinerja Bhabinkamtibmas yang saat ini tidak pernah berhenti ikut membantu menangani khususnya dalam masa pandemi COVID-19.

"Bhabinkamtibmas menjadi tracer guna pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah tugas masing-masing," ungkapnya.

Usai apel juga dilakukan pengecekan terhadap kendaraan bermotor (ranmor)Bhabinkamtibmas oleh Kapolres Andi didampingi oleh Para Pejabat utama (PJU) Polres Kepulauan Meranti serta perwakilan dari Dit Binmas Polda Riau.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021