Ini progres pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan nasional

id tengku Buwang asmara, pahlawan siak, siak, buawang asmara

Ini progres pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan nasional

TP2GD yang diwakili Kepala Dinas Sosial KAbupaten Siak melaporkan progres pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak menyampaikan progres pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buwang Asmara sebagai Pahlawan Nasional, kepada Bupati Alfedri.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak yang juga Ketua TP2GD Wan Idris mengatakan, tujuannya menemui Bupati Siak menyampaikan progres kerja. Itu terkait dengan progres pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah Tengku Buang Asmara sebagai Pahlawan Nasional.

"Maksud kedatangan kami menjumpai bupati ini menyampaikan terkait dengan progres kerja dari TP2GD dari awal semenjak terbentuk pada tanggal 10 Maret 2021 sampai saat ini. Jadi kita minta arahan dan masukan serta langkah selanjutnya, yang akan kita laksanakan untuk mendukung Tengku Buwang Asmara sebagai Pahlawan Nasional untuk Kementerian Nasional," katanya di Siak, Jumat.

Sesuai Peraturan Menteri Sosial terkait TP2GD itu sendiri, sambung Idris, terdiri dari unsur akademis, praktisi, budayawan, tokoh masyarakat maupun dari unsur Organisasi Perangkat Daerah. Jumlahnya terdiri dari 13 orang.

Tim bertugas untuk membantu Pemerintah Kabupaten Siak, memberikan masukan, saran, serta mengusulkan yaitu salah satunya gelar daerah maupun gelar Pahlawan Nasional dari Kabupaten Siak. TP2GD dibantu oleh sekretariat yang dikoordinir oleh Dinas Sosial sebagai OPD teknis untuk membantu memfasilitasi bekerja.

"Kita bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dan yang penting koordinasi kita harus kuat serta bekerjasama dengan OPD atau lembaga lain itu kuncinya, karena ini terkait dengan sosialisasi pengumpulan- pengumpulan dokumen untuk kelengkapan persyaratan yang kita usulkan ke Kementerian Sosial sebagai usulan Pahlawan Nasional," ujarnya

Menurutnya bupati menyampaikan bentuk dukungan anggaran terkait dengan pelaksanaan seminar baik itu seminar lokal maupun seminar tingkat nasional. Sebelumnya juga sudah dilakukan sejak tahun 2019 pada APBD perubahan berupa rapat dan pertemuan sehingga diambil langkah-langkah mulai tahun 2020 untuk menyusun buku.