Tiba di Meranti, vaksin segera diberikan ke masyarakat umum

id Vaksin, vaksin meranti, kepulauan meranti

Tiba di Meranti, vaksin segera diberikan ke masyarakat umum

Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Meranti Muhammad Fahri. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Sebanyak 140 vial vaksin jenis Sinovac dan 300 vial jenis Moderna telah tiba di Kabupaten Kepulauan Meranti pada Rabu kemarin (25/8), selanjutnya akansuntikkan ke masyarakat.

Kiriman vaksin dari pihak provinsi itu dilakukan setelah beberapa bulan Meranti mengalami kekosongan stok.

"Ada sebanyak 140 vial vaksin jenis Sinovac yang telah kita terima. Sedangkan Moderna 300 vial," kata Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Meranti, Muhammad Fahri kepada ANTARA, Kamis.

Vaksin Sinovac, sambung Fahri, peruntukannya khusus bagi institusi seperti TNI dan Polri, sedangkan Moderna diberikan untuk masyarakat umum.

"Selain nakes (tenaga kesehatan) yang diberikan moderna untuk dosis ketiga, masyarakat juga akan kita berikan. Tapi khusus bagi mereka yang belum pernah divaksin, artinya moderna ini untuk dosis pertama," jelasnya.

Fahri mengatakan, terhambatnya distribusi vaksin sempat terjadi di Kepulauan Meranti beberapa pekan karena itu kewenangan dari pihak provinsi.

"Memang stoknya (vaksin) itu yang kosong di provinsi. Kita tak dapat berbuat banyak," tambahnya.

Dia juga tak menampik bahwa alokasi yang diberikan oleh provinsi untuk Kepulauan Meranti tidak begitu banyak. Hal itu dikarenakan masih ramainya masyarakat di Riau yang belum divaksinasi dan animo warga juga meningkat.

Baca juga: Empat pelanggar prokes di Meranti disanksi push up dan baca Al Fatihah

Baca juga: Polres Meranti ungkap kasus balita dianggap meninggal tak wajar