AFC: Hati-hati...tiket palsu Piala Asia beredar

id afc hati-hatitiket, palsu piala, asia beredar

AFC: Hati-hati...tiket palsu Piala Asia beredar

Pekanbaru (antarariau) - Tiket palsu pertandingan sepak bola babak kualifikasi Piala Asia (AFC) U-22 Grup E di Pekanbaru, Riau, diduga beredar di pasaran, untuk mengantisipasinya panitia akan mengawasi ketat pintu masuk stadion yang menjadi lokasi turnamen.

"Memang, diindikasikan ada tiket masuk kualifikasi Piala Asia U-22 beredar. Sejumlahnya telah diamankan oleh petugas jaga namun pelakunya belum tertangkap," kata Koordinator Tiket Piala Asia U-22, Faisal, kepada ANTARA Pekanbaru per telepon, Selasa.

Faisal menjelaskan, peredaran tiket palsu mulai ditemukan ketika laga kedua digelar, dimana Garuda Muda Indonesia bertanding menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Riau, Sabtu (7/7) lalu.

Menurutnya ada cukup banyak tiket palsu yang terdeteksi, namun akibat kurangnya pengawasan, beberapa pengunjung yang menggunakan tiket tersebut lolos masuk.

Untuk mengantisipasinya, demikian Faisal, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah pihak eksternal termasuk TNI/Polri yang nantinya akan memperketat pengawasan di sejumlah pintu masuk stadion.

"Kami juga mengimbau kepada sejumlah warga untuk membeli tiket pertandingan Piala Asia di loket resmi kami yang dibuka di lokasi pertandingan atau di luar Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharuddin Nasution, Kecamatan Rumbai," katanya.

Warga sebaiknya juga jangan percaya dengan tiket-tiket yang dijual pihak-pihak tak bertanggungjawab di luar manajemen, terlebih harga yang ditawarkan lebih murah ketimbang yang dijual di loket resmi.

Untuk pertandingan hari ini, dimana Indonesia akan berhadapan dengan Makau yang disebut-sebut sebagai tim juru kunci, pihaknya akan melakukan pengawalan dan pemeriksaan ketat terhadap sejumlah calon penonton.

Jika didapati tiket tersebut palsu, demikia Faisal, maka pihaknya akan melakukan pelarangan atau tidak memperbolahkan warga tersebut masuk ke stadion.

"Untuk diketahui, bahwa pada tiket asli babak kualifikasi Piala Asia terdapat kode atau nama yang nantinya akan terdeteksi oleh alat detektor. Jika kode tersebut tidak ada atau justru salah, maka berarti tiket tersebut adalah palsu," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, warga yang ingin menyaksikan pertandingan antara Indonesia melawan Makau yang akan di gelar malam ini, sekitar pukul 19.30 WIB, sebaiknya membeli tiket di loket-loket resmi yang telah disediakan yakni di Stadion Utama Riau.

Jumlah tiket yang dijual menurut Faisal tidak jauh berbeda dengan laga sebelumya, yakni 90 persen dari jumlah kursi yang tersedia atau sekitar 35 ribu tiket.

"Untuk kelas III yang seharga cuma Rp25 ribu, akan dijual sebanyak 23 ribu atau sebanyak 2.000 lainnya akan disisakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sementara selebihnya atau sekitar 10 ribu tiket terdiri dari kelas II dan VIP yang juga dijual di loket-loket resmi dengan harga yang tentunya lebih mahal.