Aktifitas Pelabuhan Sungai Duku masih normal jelang Idul Fitri 1442 H

id Sungai duku,pelabuhan sei duku, pelabuhan sungai duku, pelabuhan pekanbaru

Aktifitas Pelabuhan Sungai Duku masih normal jelang Idul Fitri 1442 H

Petugas memeriksa calon penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru. (ANTARA/Vera lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau mencatat aktifitas penumpang yang datang maupun berangkat untuk penumpang reguler melalui jalur perairan masih normal jelang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Bahkan pantauan posko pengendalian yang dibuka pada pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru, Selasa, terlihat masih sepi, tidak ada penjagaan ketat yang dibuat di sisi kiri jika memasuki pelabuhan.

"Belum ada penyekatan di Sungai Duku, yang ada pos pengendalian transportasi laut," kata Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Etria di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Etria, UPTD Pelabuhan Sungai Duku sudah menerima edaran pemerintah tentang larangan mudik yang berlaku mulai 6 Mei-17 Mei 2021. Namun untuk teknisnya masih belum diketahui.

"Tapi gimana teknis di pelabuhan Sungai Duku tunggu arahan pimpinan kami di Pemko maupun Dinas terkait," katanya.

Etria mengungkap, hingga hari ini aktifitas penumpang Sungai Duku Pekanbaru, masih normal dengan pengoperasian tiga armada untuk tujuan masing-masing ke Kepulauan Meranti.

"Sejauh ini tiap hari hanya ada tiga kapal yakni yang beroperasi di Sungai Duku yakni SB Naga Line, SB Meranti,KM Jelatik " kata dia.

Untuk pelayanan penumpang laut lanjut dia, UPT Sungai Duku tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti mengecek suhu tubuh penumpang yang tiba maupun yang akan berangkat, wajib menggunakan masker, dan terpenting adalah menjaga jarak keterisian kapal.

"Saya mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan 5 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dan interaksi," katanya.

"Kami hanya mengizinkan isi Kapa 50 persen dari saat sebelum COVID-19, dengan memberi jarak pada bangku," tukasnya.

Baca juga: Pengusaha kapal Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru tidak beroperasi. Ini alasannya

Baca juga: Aktifitas Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru meningkat pada libur Nataru


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar